Girona yang Akhirnya Kepayahan Kejar Gelar Liga Spanyol, Mulai Kehabisan Bensin?
Ekspresi para pemain Girona usai menelan kekalahan dari tuan rumah Athletic Bilbao pada laga Liga Spanyol di Stadion San Mames, Bilbao, Selasa (20/2/2024) dini hari WIB. [ANDER GILLENEA / AFP]
19:12
20 Februari 2024

Girona yang Akhirnya Kepayahan Kejar Gelar Liga Spanyol, Mulai Kehabisan Bensin?

Dongeng indah Girona di Liga Spanyol 2023/2024 nampaknya mulai berakhir. Los Blanquivermells kini mulai kepayahan dalam upaya mereka mencetak sejarah merebut gelar LaLiga.

Sepanjang musim ini, Girona tampil luar biasa dan bersaing dalam jalur juara bersama Real Madrid. Tim asuhan pelatih Michel ini sempat berada di puncak klasemen. Bahkan, hingga pekan ke-22, Girona hanya sekali kalah yakni pada duel lawan Real Madrid.

Namun, di tiga laga terakhir, performa Girona merosot. Antara pekan ke-23 hingga 25, Girona gagal menang, dua kali kalah dan sekali imbang.

Hanya dalam tiga laga, Girona kalah lebih banyak dibanding 22 laga sebelumnya. Teranyar, tim asal Katalan ini dihajar tuan rumah Athletic Bilbao 2-3 di San Mames pada laga Selasa (20/2/2024) dini hari WIB.

Girona kini mandek di peringkat kedua klasemen dan kian tercecer dalam bersaing dengan pemuncak klasemen sementara, Real Madrid.

Girona tertahan di posisiu kedua dengan 56 poin dari 25 laga, terpaut enam angka dari Real Madrid.

Di atas kertas, peluang Girona menjadi juara LaLiga 2023/2024 masih terbuka karena masih ada 13 pekan tersisa.

Namun, melihat tren negatif Los Blanquivermells belakangan, peluang untuk mengejar tahta juara bisa dibilang sulit. Bahkan, jika tidak segera bangkit, bukan tidak mungkin Girona akan dilewati sang tetangga Katalan mereka, Barcelona yang kini ada di bawahnya.

Girona hanya unggul dua poin dari Barcelona yang berada di posisi ketiga klasemen. Barcelona sendiri sudah tidak pernah kalah pada empat laga terakhirnya di LaLiga.

Menurut simulasi yang dibuat Opta, peluang Girona menjadi juara Liga Spanyol musim ini kini hanya 1,4 persen! Sedangkan, Real Madrid punya peluang juara sebesar 97,5 persen. Real Madrid benar-benar di atas angin menurut prediksi tersebut.

Beruntung, jadwal Girona pada lima laga ke depan bisa dibilang lebih mudah. Pada lima laga ke depan, Girona akan bersua dengan Rayo Vallecano, Mallorca, Osasuna, Getafe, dan Real Betis.

Di atas, hanya Real Betis yang paling mungkin menyulitkan Girona. Namun, ini jadi kesempatan emas mereka untuk bangkit dan kembali masuk dalam persaingan juara.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #girona #yang #akhirnya #kepayahan #kejar #gelar #liga #spanyol #mulai #kehabisan #bensin

KOMENTAR