Shin Tae-yong Calon Pelatih Timnas Korea Selatan untuk Piala Dunia 2026
Shin Tae-yong kejar bonus khusus bagi timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 (pssi.org)
14:00
18 Februari 2024

Shin Tae-yong Calon Pelatih Timnas Korea Selatan untuk Piala Dunia 2026

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong masuk daftar calon pelatih Timnas Korea Selatan untuk Piala Dunia 2026. Shin Tae-yong sedang mencuri perhatian media Korea sebagai salah satu kandidat potensial untuk menggantikan Jurgen Klinsmann yang baru saja dipecat oleh Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA).

Keputusan Klinsmann dipecat setelah timnya, Taegeuk Warriors, mengalami kegagalan di Piala Asia 2023 dengan tersingkir di babak semifinal oleh Yordania dengan skor 0-2.

Gagalnya Korea di Piala Asia 2023 juga mencuatkan perselisihan antara penyerang muda Lee Kang In dan kapten Song Heung Min, menambah kompleksitas situasi tim.

Pemecatan Klinsmann ini datang hanya sebulan sebelum Korea memulai Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada bulan Maret mendatang.

Media Korea, Chosun, melaporkan bahwa KFA sedang mempertimbangkan untuk merekrut pelatih lokal sebagai pengganti Klinsmann.

Dari empat nama yang muncul, salah satunya adalah pelatih Indonesia, Shin Tae Yong. Nama-nama lain yang juga menjadi kandidat adalah Hong Myung Bo, Hwang Seon Hong, dan Kim Do Hoon.

"Setelah pelatih Shin Tae-yong memimpin Piala Dunia Rusia 2018, kemungkinan pelatih Korea kembali memimpin tim semakin besar. Hong Myung-bo, Hwang Seon-hong, Kim Do-hoon, dan Shin Tae-yong disebutkan sebagai kandidat," tulis Chosun.

Shin Tae-yong memiliki peluang besar untuk kembali ke Korea Selatan setelah sebelumnya memimpin skuad tersebut di Piala Dunia 2018.

Selain memiliki pengalaman melatih timnas Korea, Shin Tae Yong juga dikenal sebagai pelatih yang proaktif.

Keberhasilan Shin Tae Yong bersama Skuad Garuda membawa Indonesia naik ke peringkat ke-142 dalam ranking FIFA, meninggalkan posisi sebelumnya di peringkat ke-173.

Nama Shin Tae Yong dianggap potensial, terutama karena kontraknya dengan PSSI berakhir pada Juni 2024 usai Piala Asia U-23 2024.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #shin #yong #calon #pelatih #timnas #korea #selatan #untuk #piala #dunia #2026

KOMENTAR