Jarang yang Tahu! Pemain Keturunan Indonesia Jairo Riedewald Pernah Lawan 2 Klub Liga 1
Bek Crystal Palace keturunan Indonesia, Jairo Riedewald (kanan) melakukan selebrasi setelah mencetak gol pertama timnya dalam pertandingan Liga Inggris antara Newcastle United vs Crystal Palace di St James' Park di Newcastle-upon-Tyne, timur laut Inggris pada 2 Februari 2021. Jon Super / KOLAM RENANG / AFP.
22:42
17 Februari 2024

Jarang yang Tahu! Pemain Keturunan Indonesia Jairo Riedewald Pernah Lawan 2 Klub Liga 1

Gelandang Belanda keturunan Indonesia yang kini memperkuat klub Liga Inggris, Crystal Palace yakni Jairo Riedewald ternyata pernah menghadapi dua klub Liga 1 Indonesia. Dua tim tersebut adalah Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Jairo Riedewald yang kini berkarier di kasta teratas Liga Inggris, nyatanya memiliki karier yang bersentuhan dengan klub-klub asal negara nenek moyangnya.

Hal itu terjadi ketika Jairo masih membela Ajax Amsterdam di mana dia diikutsertakan dalam tur ke Indonesia di akhir musim 2013-2014.

Saat itu, pemain yang berposisi sebagai bek tengah atau gelandang bertahan ini masih sangat muda yakni 17 tahun.

Bersama Ajax, dia ditempatkan sebagai fullback dan tercatat bermain dalam lima pertandingan di Eredivisie atau kasta teratas Liga Belanda 2013-2014.

Dalam musim tersebut, Jairo Riedewald turut memiliki peran dalam keberhasilan Ajax Amsterdam meraih gelar juara Eredivisie. Ajax saat itu masih ditukangi Frank de Boer.

Gelandang Crystal Palace, Jairo Riedewald (kiri). [GLYN KIRK / AFP]Gelandang Crystal Palace, Jairo Riedewald (kiri). [GLYN KIRK / AFP]

Pasca musim yang sukses, Jairo dan Ajax menyambangi Indonesia dalam tur pramusim. Klub raksasa Belanda itu berjumpa Persija lebih dulu.

Ajax menghadapi Persija Jakarta dalam laga uji coba di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta pada 11 Mei 2014.

Saat itu, Ajax Amsterdam tampil dominan dan mengalahkan klub kebanggaan ibu kota dengan skor telak 0-3.

Dalam pertandingan tersebut, Jairo tampil sebagai starter dengan menempat pos bek sayap kiri. Dia digantikan Kenny Tete pada menit ke-68.

Sementara laga Ajax kontra Persib Bandung terjadi pada tanggal 14 Mei 2014 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung.

Jairo kali ini tidak tampil sebagai starter. Dia baru dimainkan Frank de Boer di babak kedua dalam laga yang berakhir dengan skor imbang 1-1.

Jairo Riedewald merupakan pesepak bola yang memiliki darah Indonesia dari sang nenek. Dia bahkan menyebut budaya Indonesia masih terus dijaga oleh keluarganya.

Hal itu diketahui dalam sebuah wawancara dengan klub lamanya, Ajax yang diunggah pada 2 Mei 2014.

"Nenek saya berasal dari Indonesia," kata Jairo.

"Ibu saya memiliki darah setengah Indonesia, dan saya sendiri memiliki keturunan seperempat Indonesia."

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #jarang #yang #tahu #pemain #keturunan #indonesia #jairo #riedewald #pernah #lawan #klub #liga

KOMENTAR