6 Mantan Pemain Timnas Indonesia yang Nyaleg di Pemilu Legislatif 2024, Ada Pelatih Aktif BRI Liga 1!
Mantan kiper tim nasional Indonesia, Markus Horison (kedua dari kanan) [Instagram@timnassepakbolaindonesia]
12:30
13 Februari 2024

6 Mantan Pemain Timnas Indonesia yang Nyaleg di Pemilu Legislatif 2024, Ada Pelatih Aktif BRI Liga 1!

Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat pada 2024 bakal diwarnai deretan mantan pemain Timnas Indonesia yang memutuskan untuk mengikuti kontestasi calon anggota legislatif.

Tentu saja, nama-nama pemain yang pernah memperkuat Timnas Indonesia ini akan menjadi daya tarik tersendiri di kalangan pemilih. Sebab, mereka sempat memperkuat skuad Garuda di level internasional.

Keputusan semacam ini juga sebetulnya terhitung unik. Pasalnya, setelah meninggalkan dunia sepak bola, eks pemain Timnas Indonesia ini justru banting setir untuk mengarungi kancah perpolitikan.

Berikut Suara.com menyajikan deretan mantan pemain Timnas Indonesia yang mengikuti kontestasi calon anggota legislatif pada Pemilu 2024.

1. Atep

Mantan pemain Persib Bandung, Atep Rizal, sempat mencuat ke permukaan ketika namanya muncul sebagai calon anggota legislatif DPRD dari Partai Amanat Nasional (PAN) Dapil Jabar IV.

Sebagai informasi, Atep pernah menjadi salah satu pemain yang dipanggil Timnas Indonesia. Striker yang akrab disapa Lord Atep itu memperkuat skuad Garuda pada medio 2006-2007.

2. Bio Paulin

Selain Atep, nama yang membuat geger ialah Bio Paulin. Pasalnya, pemain yang pernah memperkuat Persipura Jayapura ini baru menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada 2015.

Setelah memutuskan mengikuti proses naturalisasi dan sempat memperkuat skuad Garuda, kini Bio Paulin mendaftarkan namanya sebagai Caleg DPRD Kota Jayapura dari Partai Gerindra.

3. Seto Nurdiyantoro

Selanjutnya, legenda sepak bola di kawasan Daerah Istimewa Yogyakarta, Seto Nurdiyantoro, juga memilih untuk melanjutkan pengabdiannya melalui kontestasi anggota legislatif.

Lelaki yang sempat menjadi andalan Timnas Indonesia pada medio 1999-2001 itu maju sebagai anggota DPR RI untuk Dapil DIY dari Partai Nasional Demokrasi alias Nasdem.

4. Markus Horison

Publik pencinta sepak bola Tanah Air tentu tak lupa dengan sosok Markus Horison yang pernah menjadi kiper andalan Timnas Indonesia pada ajang Piala AFF 2010. Dia juga pernah menjadi pembantu Bima Sakti menangani Timnas U-16.

Kini, lelaki yang akrab dengan kepala botak itu memutuskan maju sebagai Caleg DPRD Kota Bandung untuk Dapil VI dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan alias PDIP.

5. Rahmad Darmawan

Berbeda dengan nama-nama sebelumnya, Rahmad Darmawan yang saat ini berstatus sebagai pelatih aktif Barito Putera di ajang BRI Liga 1 2023/2024 juga memutuskan terjun ke dunia politik.

Mantan pemain sekaligus pelatih Timnas Indonesia itu maju untuk menjadi Caleg DPR RI dari Dapil Lampung II yang diusung oleh Partai Demokrat.

6. Nil Maizar

Cerita menarik juga datang dari mantan pemain dan pelatih Timnas Indonesia, Nil Maizar. Setelah sebelumnya kalah pada Pemilu 2014 dan 2019, dia kembali maju untuk kontestasi 2024.

Mantan pelatih Semen Padang itu dicalonkan Partai Nasdem untuk mengikuti calon pemilihan Anggota DPR RI dari Dapil Sumatera Barat I.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #mantan #pemain #timnas #indonesia #yang #nyaleg #pemilu #legislatif #2024 #pelatih #aktif #liga

KOMENTAR