Analisis Kekuatan Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2024 di Sektor Putri: Indonesia tanpa Gregoria, Tiongkok Tetap Menakutkan
Indonesia akan mengandalkan Putri Kusuma Wardani di tunggal putri Kejuaraan Asia 2024 (WANG ZHAO/AFP PHOTO )
15:13
12 Pebruari 2024

Analisis Kekuatan Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2024 di Sektor Putri: Indonesia tanpa Gregoria, Tiongkok Tetap Menakutkan

- Tim Putri Indonesia datang ke Kejuaraan Asia 2024 dengan status mentereng, juara bertahan. Hanya untuk bisa mengulangi sukses, sangat berat. Meski negara-negara kuat yang ikut ambil bagian tidak mengirim skuad terbaiknya.

Bahkan, Korea Selatan yang sekarang mempunyai tunggal putri nomor satu dunia, An Se Young, absen dari kejuaraan yang dilaksanakan di Selangor, Malaysia, 13-18 November 2024. Selain itu, ganda putri peringkat kedua dan ketiga dunia, Baek Ha Na/Lee So Hee dan Kim So Yeong/Kong Hee Yong, juga otomatis tak ikut ambil bagian. Korea Selatan juga menjadi negara yang dikalahkan Indonesia di babak final beregu putri 20 Februari 2022 dengan skor 3-1.

Kekuatan Indonesia hampir sama dengan dua tahun lalu. Hanya, bedanya tahun ini, Gregoria Mariska tak dibawa. Juara dunia junior 2017 itu tampaknya disiapkan untuk berburu poin untuk bisa lolos ke Olimpiade Paris 2024. Indonesia mengandalkan Putri Kusuma Wardani di tunggal putri. Dia menjadi pebulu tangkis dengan ranking tertinggi, 33.

Dia akan didampingi Ester Nurumi Tri Wardoyo (40), Komang Ayu Cahya Dewi (66), dan Stephanie Widjaja (102). Sedang di ganda, Indonesia bertumpu kepada ganda nomor 17 dunia Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi dengan didampingi Lanny Tri Mayasari/Ribka Sugiarto (30), dan Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allesya Rose (33).

Pesaing Indonesia bisa berganti. Kali ini Tiongkok ikut ambil bagian setelah absen di 2020 di Manila, Filipina dan 2022 di Selangor (Malaysia). Tiongkok tak main-main di tahun ini. Memang di tim mereka tidak ada nama Chen Yu Fei yang kini peringkat kedua serta peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 dan He Bing Jiao, peringkat keenam.

Namun, pelapisnya tak kalah mentereng. Bisa jadi, Tiongkok sudah rindu akan gelar juara beregu putri Asia yang kali terakhir diraih pada 2016 di Hyderabad, India, dengan di final mengalahkan Jepang dengan skor 3-2.

Di Kejuaraan Beregu Putri Asia 2024 ini, di tunggal Tiongkok membawa dua pebulu tangkis peringkat 10 besar dunia yakni Han Yue yang menduduki peringkat delapan dunia dan Wang Zhi Yi, peringkat sembilan dunia dan baru saja menjadi juara Indonesia Masters 2024 dan Semifinal Malaysia Open 2024. Keduanya akan bantu Chen Lu (109) dan Wu Luo Yu (148)-Finalis Bahrain Open 2024.

Di ganda, pasangan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan yang sekarang berada di peringkat pertama memang tak dimasukan di tim. Namun, sebagai gantinya bukan sembarang pasangan yakni pasangan peringkat empat dunia Tan Ning/Liu Sheng Shu yang juga juara Indonesia Masters 2024, Malaysia Open 2024, serta French Open 2023.

Ada juga pasangan Sheng Keng Shu Liang/Zhang Chi yang ada di peringkat delapan. Satu lagi adalah Li Yi Jing/Luo Xu Min yang menempati peringkat 22. Bisa dikatakan kans terbesar Tiongkok menjadi juara sekaligus mengakhiri penantian selama 8 tahun akan terobati. 

Pembagian Grup Beregu Putri Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2024
Grup W: Tiongkok, India
Grup X: Indonesia, Hongkong, Kazakhstan
Grup Y: Thailand, Malaysia, Uni Emirate Arab
Grup Z: Jepang, Taiwan, Singapura

Editor: Dhimas Ginanjar

Tag:  #analisis #kekuatan #kejuaraan #bulu #tangkis #asia #2024 #sektor #putri #indonesia #tanpa #gregoria #tiongkok #tetap #menakutkan

KOMENTAR