Shin Tae-yong Tinggalkan Timnas Indonesia, Lanjut Kerja di Seongnam FC
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) memimpin tim di Piala Asia 2023 Qatar. [HECTOR RETAMAL / AFP]
19:24
9 Februari 2024

Shin Tae-yong Tinggalkan Timnas Indonesia, Lanjut Kerja di Seongnam FC

Shin Tae-yong resmi meninggalkan Timnas Indonesia pasca memimpin Garuda mencetak sejarah dengan melangkah ke 16 besar Piala Asia 2023. Dia melanjutkan kerja bersama klub K League 2, Seongnam FC.

Hal itu diketahui dari unggahan Seongnam FC di Instagram, @sfc.seongnam, pada Kamis (8/2/2024).

Sebagai informasi, Shin Tae-yong mendapat jatah libur dari PSSI setelah membantu Timnas Indonesia mencatatkan sejarah apik di Piala Asia 2023.

Juru taktik asal Korea Selatan itu membawa Timnas Indonesia untuk kali pertama dalam sejarah lolos ke fase gugur Piala Asia.

Sebelumnya, Timnas Indonesia selalu terhenti di fase grup Piala Asia dalam empat edisi sebelumnya yakni pada 1996, 2000, 2004 dan 2007.

“Bersama presiden Seongnam FC Shin Sang-jin dan Ketua Komite Penasihat Seongnam FC, Shin Tae-yong,” tulis Seongnam FC di Instagram dikutip Suara.com pada Jumat (9/2/2024).

Shin Tae-yong dan Seongnam FC memang memiliki hubungan kerja. Juru taktik 53 tahun itu direkrut sebagai Ketua Komite Penasihat sejak Oktober 2023 silam.

STY, panggilan akrabnya, memiliki tugas menjadi penasihat dibidang pengelolaan pemain dan klub. Dia juga punya andil dalam merekomendasikan pemain yang bisa dibeli Seongnam FC.

Jabatan Shin Tae-yong membuatnya punya peluang untuk merekomendasikan pemain Timnas Indonesia untuk membela Seongnam FC, kendati syarat dan kualitas pemain tak bisa sembarangan.

Agenda terdekat Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia adalah memimpin tim menghadapi dua laga back-to-back kontra Vietnam dalam matchday ketiga dan keempat Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, pada 21 dan 26 Maret mendatang.

Terkait kontrak, Shin Tae-yong sejauh ini akan memimpin Timnas Indonesia hingga Juni 2024. PSSI berjanji akan memperpanjangnya hingga 2027 andai beberapa syarat terpenuhi.

Setelah mencapai target membawa Timnas Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023, Shin Tae-yong kini punya satu tugas lagi yakni membawa Timnas Indonesia U-23 lolos ke fase gugur Piala Asia U-23 2024 yang akan bergulir di Qatar pada April mendatang.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #shin #yong #tinggalkan #timnas #indonesia #lanjut #kerja #seongnam

KOMENTAR