3 Faktor Media Vietnam Ketakutan Jelang Hadapi Timnas Indonesia di Stadion GBK
Bek Indonesia Asnawi Mangkualam berusaha melewati Gelandang Vietnam Phan Van Duc saat pertandingan sepak bola Semi Final Piala AFF 2022-2023 antara Indonesia dan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Jumat (6/1/2023). [Suara.com/Alfian Winanto,]
06:00
9 Februari 2024

3 Faktor Media Vietnam Ketakutan Jelang Hadapi Timnas Indonesia di Stadion GBK

Media Vietnam, Bongda, memperingatkan Timnas Vietnam untuk ekstra waspada saat bertandang ke markas Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta pada Maret mendatang.

Vietnam akan menghadapi Timnas Indonesia dalam matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 21 Maret 2024.

Bongda menganggap laga tersebut akan menjadi tantangan berat bagi Vietnam, mengingat pertandingan bakal berlangsung di Stadion GBK.

Baca juga: Karma! Tolak Timnas Indonesia, Andri Syahputra Kini 'Dibuang' Qatar

Setidaknya, media Vietnam menyinggung tiga faktor yang bikin Timnas Indonesia akan jadi lawan berbahaya saat bermain di SUGBK.

Menurut Bongda, salah satu faktor utama yang bikin SUGBK jadi venue yang sulit untuk ditaklukan lawan adalah fakta bahwa kapasitasnya yang begitu besar untuk menampung penonton.

"Vietnam akan menghadapi tantangan berat," tulis Bongda dikutip pada Kamis (8/2/2024).

Nguyen Filip menceritakan debut pertama bersama timnas Vietnam di Piala Asia 2023, namun  tidak menyinggung Indonesia sama sekali. (the-afc.com)Nguyen Filip menceritakan debut pertama bersama timnas Vietnam di Piala Asia 2023, namun tidak menyinggung Indonesia sama sekali. (the-afc.com)

"Selain menjadi tim tamu melawan timnas Indonesia, Vietnam juga akan bermain di SUGBK."

"SUGBK, stadion terkenal dengan kapasitas besar (77.000 kursi)."

Selain itu, antusiasme penonton dinilai juga menjadi tantangan tersendiri bagi tim tamu saat menghadapi Timnas Indonesia di SUGBK.

Penonton Timnas Indonesia diketahui sangat aktif dan selalu memberi dukungan tak kenal lelah setiap kali skuad Garuda bermain di kandang tak terkecuali di stadion legendaris tersebut.

"Perhatian khusus pada efek suara luar biasa dari antusiasme suporter timnas Indonesia," tulis Bongda.

"Efek suara di SUGBK dapat menciptakan tekanan besar dan menakutkan bagi lawan."

Selain itu, Vietnam tengah dalam masa transisi usai ditinggal Park Hang-seo dan kini mencoba percaya pada sang penerusnya yakni Philippe Troussier.

Saat masih dipegang Park Hang-seo, Vietnam sendiri masih dominan dari Timnas Indonesia, tetapi juga gagal menang saat bertandang ke SUGBK.

"Di bawah pelatih Park Hang-seo, timnas Vietnam belum pernah kalah dari Indonesia."

"Meski begitu, hasilnya hanya 0-0 saat melawan timnas Indonesia di SUGBK," kata Bongda.

Sementara itu, timnas Indonesia datang ke laga melawan Vietnam dengan catatan positif.

Dalam pertemuan sebelumnya, tim asuhan Shin Tae-yong berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 pada fase grup Piala Asia 2023.

Kemenangan ini menjadi kunci keberhasilan timnas Indonesia melangkah ke 16 besar Piala Asia 2023.

Sebaliknya, Vietnam harus tersingkir setelah menempati posisi terbawah dalam klasemen Grup D.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #faktor #media #vietnam #ketakutan #jelang #hadapi #timnas #indonesia #stadion

KOMENTAR