Kabar Pemain Abroad Timnas Indonesia Pekan Ini: Dua Sahabat Bentrok hingga Elkan Baggott Tampil Penuh
Marselino Ferdinan saat membela KMSK Deinze. (Instagram/@kmskdeinze)
16:48
7 Februari 2024

Kabar Pemain Abroad Timnas Indonesia Pekan Ini: Dua Sahabat Bentrok hingga Elkan Baggott Tampil Penuh

Para pemain Timnas Indonesia yang berkarier di luar negeri atau abroad sudah mulai membela klub masing-masing pasca pulang dari Piala Asia 2023 pada Januari lalu.

Setidaknya delapan pemain abroad Timnas Indonesia tampil di luar negeri, dengan tiga di Liga Belgia, dua di Liga Inggris, dua di Belanda, dan satu di Liga Italia.

Sebanyak tujuh pemain baru saja kembali dari tugas membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023, sedangkan satu lainnya fokus membela klubnya di Italia.

Di Asia, empat pemain termasuk Asnawi Mangkualam, Jordi Amat, Pratama Arhan, dan Saddil Ramdani menunjukkan kemampuan mereka.

Empat pemain ini bersiap untuk musim baru, satu di antaranya baru berganti seragam bahkan pindah ke klub di liga lain kendati masih di region Asia.

Berikut kabar delapan pemain abroad Timnas Indonesia pekan ini.

1. Marselino Ferdinan

Marselino Ferdinan di laga Piala Asia 2023 kontra Irak (pssi.org)Marselino Ferdinan di laga Piala Asia 2023 kontra Irak (pssi.org)

Marselino Ferdinan merupakan salah satu pemain kunci di Timnas Indonesia selama Piala Asia 2023. Setelah kembali ke klub, dia mendapat kesempatan untuk tampil bersama tim senior KMSK Deinze.

Marselino mendapat kesempatan untuk bermain sebagai pemain pengganti ketika KMZK Deinze melawan Club Brugge II dalam Challenger Pro League.

Masuk pada menit ke-80, ia membantu tim meraih kemenangan 1-0 melalui gol bunuh diri Jano Willems pada menit ke-71.

2. Elkan Baggott

Elkan Baggott Saat Diperkenalkan oleh Bristol Rovers FC. (instagram.com/elkanbaggott)Elkan Baggott Saat Diperkenalkan oleh Bristol Rovers FC. (instagram.com/elkanbaggott)

Elkan Baggott membuat debutnya untuk Bristol Rovers di League One (Divisi Ketiga Liga Inggris) pada Sabtu (3/2/2024).

Dia masuk sebagai pengganti Kamil Conteh selama injury time babak kedua.

Setelahnya, Elkan mendapat kesempatan tampil penuh ketika Bristol Rovers menghadapi Fleetwood dalam laga tunda pekan ke-18 League One 2023-2024, Rabu (7/2/2024) dini hari WIB.

Elkan dipercaya tampil di jantung pertahanan saat Bristol Rovers sebagai bek tengah kiri dalam formasi 3-4-2-1.

Sayangnya, Baggott gagal menghindarkan Bristol Rovers dari kekalahan di laga ini. Fleetwood berhasil menang 2-0 di mana Bristol harus mengakhiri laga dengan 10 orang usai Chris Martin mendapat kartu kuning kedua pada menit 90+3.

3. Justin Hubner

Bek Timnas Indonesia, Justin Hubner (Kanan). (pssi.org)Bek Timnas Indonesia, Justin Hubner (Kanan). (pssi.org)

Meski absen saat Wolverhampton Wanderers meraih kemenangan 4-2 atas Chelsea dalam lanjutan Liga Primer Inggris pada Minggu (4/2/2024), bek berusia 20 tahun, Justin Hubner, kembali dipercaya untuk memperkuat skuad Wolves U-21.

Pada Senin (5/2/2024), dalam pertandingan Premier League Cup melawan Charlton Athletic U-21, Hubner tampil sebagai bek kiri dan turut membantu timnya meraih kemenangan 2-0.

4. Ivar Jenner

Gelandang timnas Jepang, Reo Hatate dan gelandang Timnas Indonesia, Ivar Jenner bersaing memperebutkan bola pada pertandingan ketiga Grup D Piala Asia 2023 antara Jepang vs Timnas Indonesia di Stadion al Thumama di Doha pada 24 Januari 2024.Giuseppe CACACE / AFP.Gelandang timnas Jepang, Reo Hatate dan gelandang Timnas Indonesia, Ivar Jenner bersaing memperebutkan bola pada pertandingan ketiga Grup D Piala Asia 2023 antara Jepang vs Timnas Indonesia di Stadion al Thumama di Doha pada 24 Januari 2024.Giuseppe CACACE / AFP.

Ivar Jenner absen saat FC Utrecht menang 4-2 melawan FC Volendam di Eredivisie (Liga 1 Belanda) pada Minggu (4/2/2024).

Namun, dia kembali tampil penuh 90 menit bersama Jong Utrecht dalam pertandingan melawan Jong Ajax di pekan ke-24 Eerste Divisie (Liga 2 Belanda), meskipun timnya mengalami kekalahan tipis 0-1. Gol tunggal oleh Jaydon Banel tercipta pada menit ke-35.

5. Jay Idzes

Dua pemain keturunan, Jay Idzes mengenakan seragam Timnas Indonesia ketika menyambangi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada Jumat (29/12/2023). [Dok. PSSI]Dua pemain keturunan, Jay Idzes mengenakan seragam Timnas Indonesia ketika menyambangi Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta pada Jumat (29/12/2023). [Dok. PSSI]

Setelah melewati cedera panjang, bek berusia 23 tahun, Jay Idzes, akhirnya kembali tampil untuk Venezia dalam pertandingan Serie B (Liga 2 Italia) melawan Parma pada Sabtu (3/2/2024).

Meski demikian, dia hanya bermain selama satu menit sebagai pemain pengganti dalam laga di mana timnya mengalami kekalahan 1-2 ini.

6. Rafael Struick

Rafael Struick saat membela Timnas Indonesia di laga melawan Australia (pssi.org)Rafael Struick saat membela Timnas Indonesia di laga melawan Australia (pssi.org)

Penyerang 20 tahun itu tak tampil saat ADO Den Haag menang 3-1 atas Top Oss di Eerste Divisie (Liga 2 Belanda) pada Sabtu (3/2/2024).

Rafael Struick juga absen dalam kemenangan 1-0 ADO Den Haag U-20 melawan Scheveningen di Tweede Divisie (Liga 3 atau U-21 Belanda) pada hari yang sama.

7. Sandy Walsh

Bek sayap Timnas Indonesia, Sandy Walsh tampil bersama KV Mechelen yang sukses mengalahkan KAS Eupen yang diperkuat Shayne Pattynama dalam lanjutan Liga Belgia 2023-2024. [Dok. KV Mechelen]Bek sayap Timnas Indonesia, Sandy Walsh tampil bersama KV Mechelen yang sukses mengalahkan KAS Eupen yang diperkuat Shayne Pattynama dalam lanjutan Liga Belgia 2023-2024. [Dok. KV Mechelen]

Sandy Walsh bermain sebagai starter dalam kemenangan 1-0 KV Mechelen atas KAS Eupen di Jupiler Pro League (Liga 1 Belgia) pada Minggu (4/2/2024).

Dia hanya tampil 63 menit sebelum digantikan oleh Munashe Garananga, ketika skor masih 0-0.

8. Shayne Pattynama

Shayne Pattynama saat membela Timnas Indonesia (transfermarkt)Shayne Pattynama saat membela Timnas Indonesia (transfermarkt)

Pemain berusia 25 tahun itu melakukan debutnya bersama KAS Eupen tidak lama setelah diumumkan sebagai pemain baru.

Debutnya terjadi dalam pertandingan melawan klub yang juga membela Sandy Walsh, KV Mechelen. Ia masuk sebagai pengganti pada menit ke-86 menggantikan Jason Davidson.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #kabar #pemain #abroad #timnas #indonesia #pekan #sahabat #bentrok #hingga #elkan #baggott #tampil #penuh

KOMENTAR