Dokter Kelas Piala Dunia Ungkap Alasan Membelot dari Vietnam ke Timnas Indonesia
Dokter Timnas Indonesia, Choi Ju-young saat masih berkarier di Vietnam. [Dok. Soha.vn]
15:36
10 Januari 2024

Dokter Kelas Piala Dunia Ungkap Alasan Membelot dari Vietnam ke Timnas Indonesia

Timnas Indonesia mendapatkan amunisi baru jelang Piala Asia 2023. Sebab, dokter kelas Piala Dunia Choi Ju-young memutuskan gabung skuad Garuda.

Choi Ju-young adalah dokter asal Korea Selatan yang punya rekam jejak mentereng. Ia pernah menjadi bagian timnas Korea Sealtan di Piala Dunia 2002 silam.

Kala itu, berada di bawah Federasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA), Guus Hiddink, pelatih kepala, meminta bantuan Choi Ju-young untuk mendukung Taeguk Warriors.

Pengalaman itu kemudian membuatnya laris manis di sepak bola. Nyatanya Choi Ju-young pernah dikontrak Vietnam pada tahun 2019.

Hal itu karena Choi Ju-young diundang langsung oleh Park Hang-seo yang kala itu menangani Golden Star Warriors.

Choi Ju-young bekerja dengan Vietnam hingga tahun 2021. Meski hanya tiga tahun, tapi kontribusinya dinilai signifikan.

Setelah kembali ke Korea Selatan untuk bertugas sebagai dokter di salah satu rumah sakit, kini Choi Ju-young mendapatkan tawaran untuk kembali bekerjasama dengan Shin Tae-yong di timnas Indonesia.

Walau pernah menjadi bagian Vietnam, dokter kelas Piala Dunia ini tetap mau bekerja untuk timnas Indonesia. Ia pun mengungkapkan alasannya.

"Saya dari Korea Selatan, saya sebelumnya pernah bekerja di (Timnas) Vietnam bersama Park Hang-seo selama 5 tahun. Tapi sekarang saya membantu di Timnas Indonesia," kata Choi Ju-young dikutip dari Instagram Timnas Indonesia, Rabu (10/1/2024).

"Beberapa orang menanyakan kepada saya, kenapa saya datang ke sini (Indonesia)? Ini semua karena Coach Shin Tae-yong. Dia ingin kita bekerja bersama untuk membantu Timnas Indonesia di Piala Asia. Maka dari itu saya datang ke sini," imbuhnya.

Adapun timnas Indonesia akan berjuang di Piala Asia 2023 mulai 15 Januari mendatang. Skuad Garuda menantang Irak, Vietnam, dan Jepang.

Editor: Arif Budi

Tag:  #dokter #kelas #piala #dunia #ungkap #alasan #membelot #dari #vietnam #timnas #indonesia

KOMENTAR