Cetak Sejarah di Piala Asia, STY Ungkap Target Selanjutnya Bersama Timnas Indonesia Senior, Jadi Harga Mati!
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (STY) memimpin tim di Piala Asia 2023 Qatar. [KARIM JAAFAR / AFP]
20:24
1 Pebruari 2024

Cetak Sejarah di Piala Asia, STY Ungkap Target Selanjutnya Bersama Timnas Indonesia Senior, Jadi Harga Mati!

Shin Tae-yong (STY) telah berhasil mencetak sejarah membawa Timnas Indonesia untuk pertama kalinya lolos ke fase gugur Piala Asia. Kini, sang pelatih mengungkap targetnya selanjutnya bersama skuad Garuda senior yang jadi harga mati.

Timnas Indonesia di bawah arahan Shin Tae-yong mampu menembus babak 16 besar Piala Asia 2023 baru-baru ini. Sayang, langkah tim Garuda di Qatar dihentikan Australia.

Selepas kampanye yang cukup brilian di pesta sepak bola Asia, kini STY langsung mengalihkan fokusnya bersama Timnas Indonesia senior.

Pekerjaan besar menanti Shin Tae-yong untuk mengantarkan Timnas Indonesia ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sekaligus mengunci tiket ke putaran final Piala Asia 2027.

Berdasarkan jadwal, Timnas Indonesia senior akan menghadapi Vietnam dua kali pada Maret 2024 nanti, lawan yang notabene juga mereka kalahkan dengan skor 1-0 di Grup D Piala Asia 2023 baru-baru ini.

Dalam lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua, Timnas Indonesia terlebih dulu menjadi tuan rumah pada 21 Maret, sebelum lima hari setelahnya (26 Maret) tandang ke markas Vietnam.

Saat ini, di klasemen sementara Grup F, Timnas Indonesia masih menempati posisi juru kunci dengan koleksi 1 poin, usai pada dua matchday awal meraih hasil mengecewakan; kalah 1-3 di kandang Irak dan cuma bisa seri 1-1 di markas Filipina.

Jika bisa meraih hasil maksimal dalam dua pertemuan kontra Vietnam, skuad Garuda berpotensi naik ke posisi dua.

Karena itu, meski pertandingan masih akan berlangsung cukup lama, Shin Tae-yong berharap bisa meraih hasil lebih baik di dua laga kontra Vietnam tersebut.

"Target berikutnya adalah kami ingin lolos ke babak kualifikasi Piala Dunia putaran ketiga. Saya kira ini jadi target minimal yang harus kami capai," sesumbar STY seperti dilansir ASEAN Football, Kamis (1/2/2024).

"Karena dalam dua pertandingan pertama melawan Irak dan Filipina, kami hanya mendapatkan satu hasil imbang dan satu kekalahan," sambung pelatih berusia 53 tahun asal Korea Selatan tersebut.

"Jadi pada bulan Maret mendatang, kami ingin mendapatkan hasil besar sehingga kami bisa masuk ke kualifikasi final (putaran ketiga)," celotehnya.

Shin Tae-yong optimistis Timnas Indonesia mampu meraih hasil maksimal kontra Vietnam nanti, karena tampil baik di Piala Asia 2023. Bahkan, Vietnam sempat dikalahkan dengan skor 1-0 di babak penyisihan grup.

Meski menelan kekalahan melawan tiga tim yang levelnya di atas Indonesia, seperti Irak, Jepang, dan Australia, tetapi Shin Tae-yong melihat ada perkembangan yang ditunjukkan para penggawa skuad Garuda.

Secara permainan, kata Shin Tae-yong, Timnas Indonesia mampu memberikan perlawanan terhadap tiga 'raksasa' Asia itu.

"Saya pikir para pemain bermain dengan baik dan para pemain percaya kepada saya sebagai pelatih kepala. Mereka mengikuti pedoman dan instruksi yang saya berikan. Dan juga PSSI mendukung saya dengan baik. Mereka memberikan banyak kepercayaan kepada saya," katanya.

Kontrak Shin Tae-yong sendiri bersama Timnas Indonesia akan habis pada akhir Juni mendatang. Beberapa spekulasi muncul bahwa PSSI siap memperpanjang kontrak sang juru taktik, namun di sisi lain kemungkinan STY pergi juga ada, terlebih dengan ketertarikan negara lain yang sudah diakui sang pelatih sendiri.

Namun, yang pasti, STY masih akan memimpin Timnas Indonesia senior di dua laga terakhir Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua, setelah dua laga kontra Vietnam pada Maret.

Menurut jadwal, Timnas Indonesia akan menjamu Irak di Jakarta pada matchday 5 yang diselenggarakan 6 Januari 2024, sebelum terakhir juga main kandang melawan Filipina pada 11 Juni.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #cetak #sejarah #piala #asia #ungkap #target #selanjutnya #bersama #timnas #indonesia #senior #jadi #harga #mati

KOMENTAR