Shin Tae-yong Masih Kepikiran Timnas Indonesia Dibantai Australia, Kenapa?
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan) memberi arahan kepada pemainnya saat melawan Timnas Australia pada babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, Minggu (28/1/2024). ANTARAFOTO/Yusran Uccang/nym
13:18
30 Januari 2024

Shin Tae-yong Masih Kepikiran Timnas Indonesia Dibantai Australia, Kenapa?

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong ternyata masih memikirkan kekalahan timnya dari Australia. Teranyar, juru taktik asal Korea Selatan itu mengungkap sebuah penyesalan.

Timnas Indonesia kalah dari Australia dalam laga 16 besar Piala Asia 2023, Minggu (28/1/2024) malam WIB. Tim Merah Putih dihabisi The Socceroos empat gol tanpa balas.

Dari segi permainan, Timnas Indonesia mampu meladeni Australia terbukti dari statistik penguasaan bola kedua tim yang cukup seimbang.

Namun, kesalahan pemain bertahan dan kurang klinisnya dalam menciptakan peluang jadi pembeda utama Garuda dan Australia.

Shin Tae-yong ternyata belum melupakan kekalahan itu. Ada beberapa penyesalan yang diakuinya tertinggal dari duel Timnas Indonesia vs Australia.

"Masih banyak penyesalan yang tersisa di laga melawan Australia," kata Shin Tae-yong dilansir dari laman Instagram miliknya.

Sandy Walsh dan para pemain Timnas Indonesia saat bertarung melawan Australia di Piala Asia 2023 (pssi.org)Sandy Walsh dan para pemain Timnas Indonesia saat bertarung melawan Australia di Piala Asia 2023 (pssi.org)

"Tetapi saya sangat berterima kasih kepada pemain," sambung pelatih yang pernah menukangi Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Meski harus angkat kaki dari Piala Asia 2023, Timnas Indonesia telah mengukir sejarah tersendiri di ajang empat tahunan itu.

Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia untuk kali pertama dalam sejarah melangkah ke fase gugur Piala Asia setelah dalam empat edisi sebelumnya selalu terhenti di fase grup.

Timnas Indonesia dibawa Shin Tae-yong lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 lewat jalur peringkat tiga terbaik, setelah mati-matian bersaing di Grup D.

Skuad Garuda finis peringkat tiga di Grup D setelah meraih kemenangan 1-0 atas Vietnam dan dua kali kalah dengan skor identik 1-3 dari Irak dan Jepang.

Ansawi Mangkualam dan kawan-kawan menjadi tim terakhir yang dipastikan melangkah ke babak 16 besar setelah Oman ditahan imbang Kirgistan dalam matchday terakhir Grup F.

Bagi Australia, kemenangan atas Indonesia menjaga harapan mereka untuk merengkuh trofi kedua di ajang Piala Asia sejak kali terakhir menjuarainya pada 2015.

Di babak perempat final, Australia masih menunggu lawan yakni pemenang laga Korea Selatan vs Arab Saudi di babak 16 besar yang bakal berlangsung Selasa (30/1/2024) pukul 23.00 WIB.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #shin #yong #masih #kepikiran #timnas #indonesia #dibantai #australia #kenapa

KOMENTAR