Viral! Pemain Kelahiran Jakarta Jadi Saksi 'Sepak Bola Gajah' di Bundesliga
Reno Munz, pemain Jerman berusia 18 tahun bisa bela Timnas Indonesia tanpa naturalisasi. [Dok. IG Reno Munz]
09:12
8 Oktober 2024

Viral! Pemain Kelahiran Jakarta Jadi Saksi 'Sepak Bola Gajah' di Bundesliga

Ada pemandangan unik menjurus ke tindakan bodoh dalam pertandingan lanjutan Bundesliga 2 Jerman pada akhir pekan lalu.

Menariknya bek kelahiran Jakarta, Reno Munz menjadi saksi kebodohan yang dilakukan pemain Bundesliga 2 Jerman. Tidak hanya satu kali namun dua kali tindakan bodoh terjadi di pertandingan antara Magdeburg vs Greuther Furth, Minggu 6 Oktober 2024.

Tindakan bodoh yang dilakukan pemain kedua tim ialah dengan sengaja memegang bola yang berujung pada hukuman penalti dari wasit.

Handball pertama dilakukan oleh rekan Reno Munz di Greuther Furth, Gideon Jung. Bek 30 tahun itu tiba-tiba memegang bola yang ditendang oleh kiper Nahuel Nicolas Noll.

Baca Juga: Pemain Keturunan Solo Masuk Starting XI Terbaik Liga Belanda, Sebentar Lagi Gabung ke Timnas Indonesia

Bola yang ditendang oleh Noll dipegang dengan dua tangan oleh Jung. Sontak saja wasit pun langsung memberikan hadiah penalti kepada tim lawan.

Dari video yang beredar di platform sosial media, kuat dugaan Jung mengira bahwa ia diminta oleh sang kiper untuk melepaskan tendangan bebas sehabis situasi bola mati.

Namun jelas terlihat, bahwa kiper Noll memberikan passing kepada rekannya itu.

Setelah aksi handball oleh Jung, pemain lawan Magdenburg juga melakukan hal yang sama. Daniel Heber dengan sengaja memegang bola dengan kedua tangannya di area kotak penalti.

Hal itu ia lakukan saata pemain Greuther Furth dilanggar di depan area kotak penalti. Entah apa yang merasuki, Heber malah memegang bola yang mengarah kepadanya.

Baca Juga: Bukan Cuma Mimpi! Pengamat: Ide Transportasi Ridwan Kamil dan Pramono Anung Realistis

"Astaga, tidak bisa dibayangkan, hal yang sama terjadi lagi," begitu kata komentator pertandingan.

Reno Munz, pemain Jerman berusia 18 tahun bisa bela Timnas Indonesia tanpa naturalisasi.  [Dok. IG Reno Munz]Reno Munz, pemain Jerman berusia 18 tahun bisa bela Timnas Indonesia tanpa naturalisasi. [Dok. IG Reno Munz]

Pertandingan Magdeburg vs Greuther Furth sendiri berakhir imbang 2-2. Pemain keturunan Indonesia, Reno Munz pada laga itu masuk sebagai pemain pengganti. Ia hanya bermain selama 6 menit pada laga yang mirip-mirip 'sepak bola gajah'.

Pemain bertinggi badan 1,88 m ini bisa dimainkan pada tiga posisi berbeda. Dari 4 laga itu, Reno 2 kali dimainkan sebagai full back kiri, 1 pertandingan jadi gelandang bertahan dan full back kanan.

Dari segi statistik seperti dikutip dari Fotmob, Reno di 4 pertandingan tercatat melepaskan umpan akurasi sebesar 76,7 persen. Hebatnya lagi, akurasi long ball Reno mencapai 100 persen.

Selain itu, 8 kali ia memenangkan duel, 3 kali intersep dan hanya 2 kali melakukan pelanggaran. Statistik yang cukup konsisten ini terbilang lebih baik jika dibandingkan dengan dua pemain Timnas Indonesia saat ini, Elkan Baggott dan Nathan Tjoe-A-On.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #viral #pemain #kelahiran #jakarta #jadi #saksi #sepak #bola #gajah #bundesliga

KOMENTAR