Asisten Shin Tae-yong Kenang Momen Jumpa Australia, Sampaikan Wejangan ke Pemain Timnas Indonesia
Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto. (ANTARA/RAUF ADIPATI)
17:12
28 Januari 2024

Asisten Shin Tae-yong Kenang Momen Jumpa Australia, Sampaikan Wejangan ke Pemain Timnas Indonesia

Asisten Pelatih Shin Tae-yong, Nova Arianto mengenang momentum saat berjumpa Australia ketika berseragam Tim nasional Indonesia. Sadar tidak mudah, ia memberikan beberapa wejangan kepada penggawa Timnas Indonesia saat ini.

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Australia pada babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim bin Hamad, Doha, Minggu (28/1/2024). Ini menjadi pertemuan kesekian kali bagi Nova Arianto.

Nova Arianto ternyata pernah berhadapan dengan Australia selama ia membela timnas Indonesia sebagai pemain. Itu terjadi pada ajang Kualifikasi Piala Asia di Stadion Suncord Brisbane pada 3 Maret 2010.

BACA JUGA: 2 Komentar Menarik Pelatih Jepang Usai Taklukkan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Ketika itu Timnas Indonesia dilatih Benny Dollo. Skor akhir pun kalah 0-1 meski Timnas Indonesia dihuni pemain-pemain seperti Bambang Pamungkas dan Budi Sudarsono.

Dalam kesempatan ini Nova Arianto berpesan kepada para pemain agar tidak memikirkan hasil-hasil pertemuan kedua tim sebelumnya. Ia ingin anak asuh Shin Tae-yong fokus supaya bisa memenangi pertandingan.

Baginya bukan tidak mungkin Timnas Indonesia bisa menang. Meski harus diakui secara statistik skuad Garuda kalah dari The Socceroos.

“Kembali bertemu Australia dengan situasi yang berbeda pastinya pemain harus mengubah pikiran,” tulis Nova Arianto sebagaimana dikutip dari Instagram pribadinya, Sabtu (27/1/2024).

“Tetap fokus dan jangan pernah lepas mental. Karena perjuangan kita belum selesai dan kesempatan tidak akan datang dua kali."

“Selama bola masih bundar, kesempatan kita akan selalu ada, maka perjuangkan dan jangan pernah menjadikan pertandingan yang kita sesai setelah pertandingan usai,” tuturnya.

Australia lolos ke babak 16 besar dengan status Juara Grup B berkat kemenangan atas India (2-0) dan Suriah (1-0) serta imbang 1-1 melawan Uzbekistan di babak penyisihan. Kondisi ini membuat Timnas Indonesia jadi underdog.

Timnas Indonesia mendapatkan tiket ke babak knock-out dari jalur peringkat tiga terbaik bersama Palestina, Suriah, dan Yordania. Skuad Garuda meraih satu kemenangan dan menelan dua kekalahan di Grup D.

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #asisten #shin #yong #kenang #momen #jumpa #australia #sampaikan #wejangan #pemain #timnas #indonesia

KOMENTAR