Timnas Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023, Shin Tae-yong Merasa Hadiah dari Tuhan
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong di Piala Asia 2023. [KARIM JAAFAR / AFP]
07:48
26 Januari 2024

Timnas Indonesia Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023, Shin Tae-yong Merasa Hadiah dari Tuhan

Timnas Indonesia sukses mencatatkan sejarah untuk pertama kalinya bisa lolos ke babak 16 besar Piala Asia pada edisi 2023. Pelatih Shin Tae-yong merasa pencapaian skuad Garuda merupakan hadiah dari Tuhan.

Bukan tanpa alasan, juru taktik asal Korea Selatan itu menyebut Timnas Indonesia sudah bekerja keras sepanjang fase grup meski hasilnya tidak begitu memuaskan.

Berada di Grup D, Timnas Indonesia kalah dari Irak 1-3, menang melawan Vietnam 1-0, lalu ditundukkan Jepang 1-3. Catatan itu membuat tim Merah Putih menduduki peringkat tiga klasemen akhir.

Timnas Indonesia dipastikan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 seusai pertandingan Grup F antara Kirgistan melawan Oman berakhir imbang 1-1. Indonesia lolos dengan predikat peringkat ketiga terbaik dengan mengumpulkan tiga poin dari tiga pertandingan.

Skuad Garuda kini berada di posisi keempat klasemen peringkat tiga terbaik Piala Asia 2023. Shin Tae-yong bangga perjuangan Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan berbuah hasil.

"Mungkin itu yang mendatangkan hasil saat ini. Tanpa bekerja keras pun mungkin Tuhan tidak akan memberikan ini (keberuntungan)," kata Shin Tae-yong dalam pernyataannya.

"Tetapi sepertinya para pemain sudah bekerja keras di setiap pertandingan jadi Tuhan juga tahu setiap usaha kita jadi bisa meraih babak 16 besar. Hari ini sangat bahagia jadi terima kasih banyak," sambungnya.

Pada momen laga Oman dan Kirgistan, seluruh pemain , pelatih, dan ofisial memang menonton laga tersebut bersama-sama. Mereka menonton di hotel tempat menginap di Doha, Qatar.

Begitu hasil imbang dipastikan, para pemain, pelatih, dan ofisial tampak bersuka cita dan melakukan selebrasi di salah satu ruangan di hotel tersebut.

Pada babak 16 besar, skuad Garuda sudah ditunggu Australia di babak 16 besar. Duel akan berlangsung pada Minggu, 28 Januari 2024.

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #timnas #indonesia #lolos #babak #besar #piala #asia #2023 #shin #yong #merasa #hadiah #dari #tuhan

KOMENTAR