Hati-hati Shin Tae-yong, Jepang Mulai Tiru Taktik Timnas Indonesia
Momen timnas Indonesia vs Jepang di Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)
18:24
6 Oktober 2024

Hati-hati Shin Tae-yong, Jepang Mulai Tiru Taktik Timnas Indonesia

Pelatih Shin Tae-yong mungkin sudah harus mempertimbangkan perubahan taktik untuk mengantisipasi laga kontra Jepang yang baru akan tersaji pada November mendatang.

Pasalnya, pelatih Samurai Biru, Hajime Moriyasu mulai terlihat mengikuti pendekatan taktik yang dipakai Timnas Indonesia sejauh ini.

Hal itu diungkap media Jepang, Nikkei. Mereka menganggap Jepang mampu tampil begitu dominan dan berbahaya saat menggunakan sistem formasi tiga bek tengah.

Jepang diketahui mengubah sistem formasinya dari mengandalkan empat bek menjadi 3-4-3, persis seperti Timnas Indonesia.

Baca Juga: Daftar Klub Irfan Raditya, Eks Timnas Indonesia Ditangkap Kasus Korupsi

Formasi itu diterapkan Hajime Moriyasu saat menjamu China dan bertandang ke markas Bahrain dalam dua matchday awal Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 5 dan 10 September lalu.

Hasilnya begitu memuaskan, Jepang tampil begitu trengginas, menghancurkan China dengan skor 7-0, serta melumat Bahrain lima gol tanpa balas.

"Dalam dua laga September, Jepang memenangkan pertandingan berturut-turut dengan jumlah gol yang banyak berkat keberhasilan formasi "tiga bek"," tulis Nikkei dikutip Suara.com pada Minggu (6/10/2024).

Meski sistem tiga bek begitu meyakinkan sejauh ini untuk Jepang, Nikkei merasa Samurai Biru harus melakukan pendekatan lain saat menghadapi tim-tim yang lebih kuat.

Para pemain Timnas Jepang merayakan gol ke gawang Vietnam pada laga Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Minggu (14/1/2024). [KARIM JAAFAR / AFP]Para pemain Timnas Jepang merayakan gol ke gawang Vietnam pada laga Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Minggu (14/1/2024). [KARIM JAAFAR / AFP]

Pada Oktober, Jepang sudah ditunggu Australia dan Arab Saudi, dua tim yang digadang-gadang akan berebut satu tempat untuk menemani mereka lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2026.

Baca Juga: Viral Thom Haye Pasang Muka Bete Sebelum Ditanya soal Timnas Indonesia, Ada Masalah Apa?

"Menurut statistik yang dirilis oleh Konfederasi Sepak Bola Asia, "tingkat penguasaan bola" Jepang dalam dua pertandingan September adalah 77,2% dalam pertandingan melawan Tiongkok dan 76,1% dalam pertandingan melawan Bahrain. Keduanya sangat luar biasa."

"Namun, dua pertandingan pada bulan Oktober seharusnya lebih berimbang. Dengan mengingat hal itu, akan sangat menarik untuk melihat pertandingan seperti apa yang direncanakan Pelatih Moriyasu."

Merujuk pernyataan Nikkei di mana Jepang harus memikirkan ulang sistem yang akan diterapkan saat menghadapi tim kuat, maka asumsi tetap menggunakan formasi tiga bek saat melawan Timnas Indonesia masih valid.

Timnas Indonesia menjadi salah satu negara dengan ranking FIFA terendah di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Jepang jelas akan sangat percaya diri saat menghadapi skuad Garuda dan bisa saja tetap menurunkan formasi 3-4-3 selayaknya ketika mereka membantai China dan Bahrain.

Situasi itu mungkin harus dipikirkan Shin Tae-yong, mengingat jika Jepang menyamakan formasi Timnas Indonesia, tim dengan level permainan lebih baik kemungkinan besar yang akan meraih kemenangan.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #hati #hati #shin #yong #jepang #mulai #tiru #taktik #timnas #indonesia

KOMENTAR