Serba-serbi Timnas Indonesia Jelang Lawan Bahrain, Janji Shin Tae-yong hingga Sentilan Media China
Timnas Indonesia (Instagram/sandywalsh)
15:24
6 Oktober 2024

Serba-serbi Timnas Indonesia Jelang Lawan Bahrain, Janji Shin Tae-yong hingga Sentilan Media China

Serba-serbi Shin Tae-yong jelang laga Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Bahrain, dari janji sampai kabar baik dan buruk yang menimpa.

Shin Tae-yong akan kembali memimpin Timnas Indonesia melakoni laga lanjutan fase Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dua pertandingan tandang akan dijalani skuad Garuda di bulan ini, melawan Bahrain pada 10 Oktober dan China pada 15 Oktober 2024.

Shin Tae-yong memanggil 27 pemain untuk dua pertandingan ini, termasuk dua pemain naturalisasi baru, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Baca Juga: Benarkah Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Ilegal? Ini Penjelasan PSSI

Perjalanan skuad Garuda ke Bahrain pun diwarnai serba-serbi yang berkaitan dengan pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Mulai dari janji, hingga kabar baik dan buruk yang silih berganti berdatangan di waktu yang bersamaan, lantas apa saja? berikut di antaranya.

1. Janji Shin Tae-yong

Shin Tae-yong mengaku senang dengan kehadiran Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, ia pun berjanji bakal memaksimalkan potensi kedua pemain Liga Belanda ini.

"Karena mereka (Mees dan Eliano) pemain yang baik dan akhirnya kita pilih. Kami akan memanfaatkan mereka dengan baik nanti," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga: Pantes Shin Tae-yong Kepincut! Pemain Keturunan Pulau Haruku Maluku Lagi Menggila di Eropa, Siapa?

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders akan berangkat langsung ke Bahrain dari Belanda, sementara hanya 11 pemain yang berangkat dari Jakarta.

2. Kabar Baik Shin Tae-yong

Kabar baik dari Shin Tae-yong, Witan Sulaeman dan Maarten Paes yang dikabarkan cedera saat membela klub masing-masing mengalami peningkatan.

Witan cedera saat bermain untuk Persija melawan Persib, sementara Maarten Paes absen ketika FC Dallas menghadapi San Jose.

Namun menurut Shin Tae-yong, tidak ada masalah dengan dua pemain tersebut usai menjalani terapi, dan keduanya berada dalam kondisi baik.

"Tidak ada masalah untuk kedua pemain. Dari tim fisio juga telah terapi, jadi dalam kondisi baik."

"Kalau cedera besar ya pastinya tidak akan kita bawa dan akan dikeluarkan dari skuad."

"Tapi karena bukan cedera besar dan tim fisio kita juga selalu cek, jadi tidak ada masalah," kata Shin Tae-yong.

3. Kabar Buruk Shin Tae-yong

Hal ini lebih kepada opini publik China yang tidak terima dengan cepatnya proses naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Publik China lewat media lokalnya, 163.com, mengkritik keras proses naturalisasi kedua pemain tersebut yang dinilai tidak masuk akal.

Khususnya terhadap proses pengambilan sumpah WNI yang dilakukan di Brussels, Belgia, dan dianggap tidak sesuai regulasi.

Federasi China dinilai bisa mampu memanfaatkan kondisi itu dengan melaporkan ke AFC disertai tuntutan agar Indonesia didiskualifikasi.

Kontributor: Eko

Editor: Irwan Febri

Tag:  #serba #serbi #timnas #indonesia #jelang #lawan #bahrain #janji #shin #yong #hingga #sentilan #media #china

KOMENTAR