Jepang vs Timnas Indonesia: Produk Liga Inggris, Ini Trio Samurai Biru yang Sangat Diwaspadai Justin Hubner
Gelandang Timnas Jepang, Wataru Endo saat memperkuat klubnya, Liverpool. [PAUL ELLIS / AFP]
17:18
24 Januari 2024

Jepang vs Timnas Indonesia: Produk Liga Inggris, Ini Trio Samurai Biru yang Sangat Diwaspadai Justin Hubner

Timnas Indonesia siap melakoni pertandingan terakhir mereka di Grup D Piala Asia 2023 untuk menentukan kelolosan ke babak 16 besar. Tak main-main, lawan yang akan dihadapi adalah tim 'Macan Asia', Jepang.

Timnas Indonesia akan menantang juara empat kali Piala Asia, Jepang pada laga di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024) malam ini pukul 18.30 WIB.

Pertandingan diprediksi akan berjalan seru, terlebih kedua negara membutuhkan poin untuk memastikan diri lolos ke babak 16 besar.

Setelah dihantam Irak 1-3 pada pertandingan pertama Grup D yang dilanjutkan kemenangan 1-0 atas Vietnam, Timnas Indonesia memiliki peluang untuk melaju ke babak selanjutnya, yang akan jadi pertama kalinya skuad Garuda mampu mencapai fase gugur sepanjang sejarah keikutsertaan di Piala Asia.

Setelah mencuri kemenangan tipis atas Vietnam, Timnas Indonesia kini menempati posisi ketiga klasemen sementara Grup D dengan torehan 3 poin dari dua pertandingan dan memiliki selisih gol -1.

Situasi tak jauh berbeda juga dialami oleh Jepang yang punya poin 3 namun selisih gol mereka +1.

Sempat digadang-gadang akan melaju mudah ke babak 16 besar, tim Samurai Biru --julukan Timnas Jepang-- malah takluk dari Irak 1-2 pada matchday lalu, kemenangan yang memastikan Irak lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 sebagai juara Grup D.

Kondisi ini membuat Jepang pastinya akan menurunkan tim terbaiknya melawan Timnas Indonesia.

Melihat potensi Jepang bakal full team, pemain serba bisa Timnas Indonesia, Justin Hubner mengaku sangat waspada.

Bek naturalisasi yang main di Wolves U-21 di kompetisi Inggris itu secara khusus mewaspadai trio Timnas Jepang yang main di Liga Inggris, gelandang Wataru Endo yang main di Liverpool, winger Kaoru Mitoma (Brighton), serta bek Takehiro Tomiyasu (Arsenal).

Winger Timnas Jepang, Kaoru Mitoma. [Ronny HARTMANN / AFP]Winger Timnas Jepang, Kaoru Mitoma. [Ronny HARTMANN / AFP]

"Kami menyaksikan pertandingan mereka (Jepang) di dua laga awal (Grup D Piala Asia 2023). Mereka jelas tim kuat, tak usah diragukan lagi. Mereka unggulan di Asia," tutur Hubner dikutip dari ASEAN Football, Rabu (24/1/2024).

"Skuad mereka terdiri dari pemain-pemain kelas dunia, 90 persen abroad di luar Jepang. Banyak juga yang bermain di Premier League," sambung bek berusia 20 tahun itu.

"Khusus untuk tiga pemain di Liga Inggris, mereka sudah pasti wajib diwaspadai. Pasti ini akan jadi pertandingan sulit, konsentrasi kami harus full terjaga sepanjang pertandingan," tukas Hubner.

Justin Hubner (pssi.org)Pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner. [dok. PSSI]

Sebelumnya Timnas Indonesia memiliki peluang untuk lolos ke babak gugur Piala Asia 2023, sebagai salah satu dari empat tim peringkat tiga terbaik fase grup, tanpa dipengaruhi hasil kontra Jepang.

Namun, skenario tersebut sirna setelah Suriah dan Palestina mampu mengamankan kemenangan atas lawan-lawannya tadi malam.

Setelah skenario itu sirna, laga menghadapi Jepang akan menjadi partai hidup mati untuk Timnas Indonesia agar bisa menjaga asa lolos ke babak 16 besar.

Pada pertandingan nanti, jika Timnas Indonesia ingin memastikan diri lolos ke babak selanjutnya saat itu juga, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan harus meraih kemenangan atas Jepang dan melaju dengan status runner-up Grup D.

Jika pada akhirnya gagal meraih kemenangan, skuad Garuda masih memiliki peluang untuk lolos ke babak selanjutnya, akan tetapi akan dipengaruhi oleh hasil pertandingan Grup E dan F.

Kondisi tersebut membuat kemenangan menjadi jalan terbaik bagi Indonesia agar tidak menggantungkan nasib dari hasil pertandingan negara lain.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #jepang #timnas #indonesia #produk #liga #inggris #trio #samurai #biru #yang #sangat #diwaspadai #justin #hubner

KOMENTAR