Nama Jay Idzes Terseret, Fans Malaysia Tuding Timnas Indonesia Palsukan Dokumen Naturalisasi
Pemain Timnas berlaga di Venezia vs AS Roma, Jay Idzes (IG Jay Idzes)
20:42
3 Oktober 2024

Nama Jay Idzes Terseret, Fans Malaysia Tuding Timnas Indonesia Palsukan Dokumen Naturalisasi

Seorang fan Malaysia di media sosial X, menuduh Timnas Indonesia memanipulasi dokumen sehingga bisa menaturalisasi banyak pemain Eropa.

Hal itu disampaikan akun @yoursweetestbf yang turut mempertanyakan kemudahan Timnas Indonesia mendapatkan pemain keturunan Belanda dari generasi ketiga.

Pernyataan yang berpotensi menjadi fitnah itu disampaikan tak lama setelah timnas Malaysia gagal menaturalisasi Mats Deijl.

Deijl, yang kini bermain di Eredivisie bersama Go Ahead Eagles dikonfirmasi FIFA tak memenuhi syarat karena garis keturunannya terlalu jauh yakni buyut alih-alih maksimal kakek-nenek.

Baca Juga: Cedera, Tangan Maarten Paes Dibalut Benda Hitam Mirip Papan untuk Patah Tulang

Situasi itu membuat @yoursweetestbf merasa Indonesia telah melakukan manipulasi data, menuduh negara itu sebagai yang paling korup di Asia.

Menuding Maarten Paes hingga Jay Idzes

Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes mengalami cedera pergelangan tangan ringan jelang skuad Garuda menghadapi Bahrain dan China dalam lanjutan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 10 dan 15 Oktober mendatang. [Dok. IG/Maarten Paes]Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes mengalami cedera pergelangan tangan ringan jelang skuad Garuda menghadapi Bahrain dan China dalam lanjutan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada 10 dan 15 Oktober mendatang. [Dok. IG/Maarten Paes]

Akun @yoursweetestbf menuduh beberapa pemain diaspora Belanda di Timnas Indonesia memiliki garis keturunan di atas generasi ketiga.

Hal itu berdasarkan pengamatan yang tak bisa jadi ukuran pasti yakni perihal wajah para pemain keturunan Indonesia yang sangat Eropa.

"Semua 10 pemain keturunan memiliki wajah Eropa. Tidak mungkin kakek-nenek mereka yang berkulit cokelat menghasilkan wajah seperti Martin Paes dan Jay Idzes; butuh 3-4 generasi," tulis fan Malaysia tersebut.

Baca Juga: Timnas Indonesia Tanpa 13 Pemain Naturalisasi saat Kumpul di Jakarta

Cuitannya itu pun langsung diserbu netizen Indonesia, banyak yang menunjukkan minimnya pengetahuan warga Malaysia tentang Indonesia.

Apa kata Netizen Indonesia?

@Ruud**kanGullit

Indonesia mungkin kurang rapi, tapi catatan sipil Belanda dan Hindia Belanda mungkin salah satu yg terbaik di dunia. Hanya karena negara anda tdk becus dalam scouting diaspora jangan kau salahkan negara lain. Itu hanya menampakkan anda jealous.

@jioo***

Fitnah ini jatohnya, kenapa kamu gabisa nerima kenyataan klo negaramu gabisa kaya indo? Panas kah liat bola indo diatas negaramu?

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #nama #idzes #terseret #fans #malaysia #tuding #timnas #indonesia #palsukan #dokumen #naturalisasi

KOMENTAR