Statistik Reno Munz, Eks Bek Bayern Leverkusen yang Bisa Bela Timnas Indonesia Tanpa Naturalisasi
Reno Munz, pemain Jerman berusia 18 tahun bisa bela Timnas Indonesia tanpa naturalisasi. [Dok. IG Reno Munz]
11:00
23 September 2024

Statistik Reno Munz, Eks Bek Bayern Leverkusen yang Bisa Bela Timnas Indonesia Tanpa Naturalisasi

Tanpa perlu melalui proses panjang naturalisasi, Timnas Indonesia bisa menambah kekuatan jika mampu membawa pulang Reno Munz.

Jika belakangan para pemain keturunan yang bermain di Eropa harus melalui proses naturalisasi, Reno Munz berbeda. Ia bisa langsung memperkuat Timnas Indonesia jika memang dipanggil.

Alasan Reno bisa langsung membela Merah Putih karena ia lahir di Jakarta, Indonesia, pada 2 Oktober. Aturan FIFA memungkinkan ia bisa memiliki status WNI tanpa melewati naturalisasi.

Meski kedua orang tuanya berkewarganegaraan Jerman, Statuta FIFA Pasal 7 menyebut seorang pemain yang lahir di negara tertentu bisa memperkuat tim nasional tersebut tanpa harus dinaturalisasi.

Baca Juga: 3 Pelatih yang Jadi Korban Keganasan Timnas Indonesia Sepanjang 2024

Dalam kasus ini, Reno Munz memenuhi kriteria berdasarkan prinsip Ius Soli, yang mengatur kewarganegaraan berdasarkan tempat lahir. Sebagai informasi, dia lahir di Jakarta pada 2 Oktober 2005 silam.

Karena usianya masih 18 tahun, Reno Munz masih punya peluang untuk mendapatkan status WNI tanpa harus melewati proses naturalisasi.

Jika mau membela Timnas Indonesia, lantas seperti apa kemampuan dari Reno? Berikut ulasan statistiknya.

Statistik Reno Munz

Reno Munz, pemain Jerman berusia 18 tahun bisa bela Timnas Indonesia tanpa naturalisasi.  [Dok. IG Reno Munz]Reno Munz, pemain Jerman berusia 18 tahun bisa bela Timnas Indonesia tanpa naturalisasi. [Dok. IG Reno Munz]

Perlu diketahui bahwa Reno merupakan jebolan Bayern Leverkusen, klub papan atas Jerman. Ia bergabung ke Tim U-19 Leverkusen pada 2022.

Baca Juga: Shin Tae-yong Full Seyum, 3 Penyerang Timnas Indonesia Gacor Jelang Lawan Bahrain

Ia mencatatkan total 38 pertandingan bersama Leverkusen U-19 sejak musim 2022/23 sampai 2023/24. Kompetisi yang diikuti pun semua ada di level U-19.

Dari 38 pertandingan itu, Munz bermain sebagai bek tengah 36 kali dan bek kanan dua kali. Uniknya, dua gol ia cetak saat bermain sebagai centre back.

Di musim 2024/25, Munz memutuskan pindah ke klub Bundesliga 2 Jerman, Greuther Furth, untuk berkarir profesional.

Sejauh musim ini berjalan, ia baru bermain tiga kali di Bundesliga 2. Baru di laga terakhir, Sabtu (21/9) kemarin, Munz diturunkan sebagai starter saat timnya kalah 0-2 dari Braunschweig.

Menurut statistik WhoScored, Munz rata-rata melakukan 1 intersep, 0,3 tekel, dan 1,7 sapuan sukses per laga.

Satu pertandingan lain dicatatkan Munz di ajang DFB Pokal saat masuk sebagai pemain pengganti melawan Schott Mainz, 17 Agustus lalu.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #statistik #reno #munz #bayern #leverkusen #yang #bisa #bela #timnas #indonesia #tanpa #naturalisasi

KOMENTAR