Shin Tae-yong Full Senyum, Analisis 3 Posisi Terbaik Eliano Reijnders di Timnas Indonesia
Eliano Reijnders bersama Mees Hilgers saat ini tengah menjalani proses untuk menjadi warga negara Indonesia.[Instagram Eliano Reijnders]
20:00
18 September 2024

Shin Tae-yong Full Senyum, Analisis 3 Posisi Terbaik Eliano Reijnders di Timnas Indonesia

Eliano Reijnders bersama Mees Hilgers menjadi dua pemain keturunan terbaru yang tengah menjalani proses naturalisasi demi segera membela Timnas Indonesia.

Eliano Reijnders dan Mees Hilgers bahkan disebut akan segera mengambil sumpah WNI dalam waktu dekat ini. Tapi, keduanya disebut bakal mengambil sumpah di Belanda.

Hadirnya Eliano tentu menjadi tambahan kekuatan bagi Timnas Indonesia. Selain pengalamannya, ia juga punya kelebihan karena bisa bermain di berbagai posisi alias pemain yang versatile.

Bahkan pemain berusia 23 tahun tersebut bisa bermain dalam 10 posisi berbeda. Hal ini dapat terlihat di laman resmi Transfermarkt, mulai dari bek hingga gelandang yang saat ini menjadi posisi terkuatnya.

Baca Juga: Respons Dion Markx yang Batal Masuk Skuad Timnas Indonesia U-20 untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2025

Shin Tae-yong sendiri belum memastikan bakal memainkan Eliano di posisi mana. Namun menilik dari statistik dan permainannya, berikut posisi terbaik Eliano Reijnders di Timnas Indonesia.

1. Winger Kiri

Eliano Reijnders saat berduel dengan Mees Hilgers. (Instagram/@eliano.r)Eliano Reijnders saat berduel dengan Mees Hilgers. (Instagram/@eliano.r)

Di musim 2023/24 lalu, Reijnders lebih sering bermain di posisi winger atau sayap kiri bersama PEC Zwolle. Total dari 33 penampilan, ia bermain 18 kali di posisi ini.

Statistiknya juga cukup oke musim lalu. Reijnders mencetak tiga gol dan satu assist yang semua ditorehkan saat bermain sebagai winger kiri.

2. Gelandang Serang

Baca Juga: Striker Keturunan Pacitan Akhirnya Tiba di Indonesia, Langsung Ikut Latihan

Calon pesaing Ivar Jenner di Timnas Indonesia, Eliano Reijnders. [Dok. Instagram/@eliano.r]Calon pesaing Ivar Jenner di Timnas Indonesia, Eliano Reijnders. [Dok. Instagram/@eliano.r]

Pada musim 2022/23, Eliano Reijnders dipinjamkan ke FC Utrecht U-21 dan bermain di Divisi Kedua Liga Belanda. Di sana ia mendapat banyak menit bermain.

Bersama FC Utrecht, Eliano tetap ditempatkan di berbagai posisi tapi lebih banyak bermain sebagai gelandang serang. Statistiknya juga cukup apik dengan torehan 4 assist selama menjadi gelandang serang.

Angka ini menunjukkan bahwa Eliano punya visi bermain yang bagus dan bisa menjadi seorang kreator, bukan hanya menjadi seorang eksekutor.

3. Winger Kanan

Eliano Reijnders, pemain keturunan yang dikabarkan sedang diproses naturalisasi PSSI. (Instagram/@eliano.r)Eliano Reijnders, pemain keturunan yang dikabarkan sedang diproses naturalisasi PSSI. (Instagram/@eliano.r)

Membayangkan formasi Rafael Struick sebagai penyerang, Ragnar Oratmangoen sayap kiri, dan Eliano Reijnders di pos sayap kanan bisa saja terjadi.

Eliano juga mampu bermain sebagai winger kanan. Sejak bermain di Tim U-19 hingga musim lalu, ia bermain 30 kali sebagai winger kanan dengan torehan satu gol dan dua assist.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #shin #yong #full #senyum #analisis #posisi #terbaik #eliano #reijnders #timnas #indonesia

KOMENTAR