Leani Ratri dan Hikmat Ramdani Turun di Hydroplus Indonesia Pra Badminton International 2024
Leani Ratri dan Hikmat Ramdani ikut Hydroplus Indonesia Pra Badminton International 2024. (Rizky Ahmad Fauzi/JawaPos)
19:52
17 September 2024

Leani Ratri dan Hikmat Ramdani Turun di Hydroplus Indonesia Pra Badminton International 2024

Turnamen internasional bertajuk Hydroplus Indonesia Para Badminton International 2024 bergulir di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta, Solo, mulai 17 hingga 22 September.

Sebanyak 121 atlet dari 10 negara telah mendaftarkan diri guna memperebutkan gelar juara melalui 22 nomor pertandingan baik tunggal maupun ganda di sektor WH 1, WH 2, SL 3, SL 4, SU 5, hingga SS 6. Gelaran Hydroplus Indonesia Para Badminton International 2024 semakin prestisius. Tahun ini federasi bulu tangkis dunia (BWF) meningkatkan status turnamen menjadi Grade 2 Level 2 dari semula Grade 2 Level 3.

Kompetisi didukung Bakti Olahraga Djarum Foundation menyediakan total hadiah USD 10 ribu atau lebih dari Rp 150 juta. Hydroplus Indonesia Para Badminton International 2024 menjadi turnamen para badminton di dalam kalender BWF yang memberikan reward kepada sang pemenang.

Negara yang akan mengikuti Hydroplus Indonesia Para Badminton International 2024 adalah Australia, Azerbaijan, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Korea Selatan, Singapura, Spanyol dan Uni Emirat Arab. Group Brand Head Hydroplus Yose Moriza menyampaikan, meningkatnya status turnamen menjadi Grade 2 Level 2 dalam kalender BWF diharapkan dapat menjadi magnet bagi para atlet terbaik dari berbagai penjuru dunia. Pihaknya optimistis penyelenggaraan turnamen semakin membangkitkan semangat atlet-atlet Tanah Air dalam mengasah potensi diri.

”sehingga mampu meningkatkan prestasi dan meneruskan tongkat estafet kejayaan para badminton Indonesia di kancah internasional,” ujar Yose Moriza.

Yuni Kartika selaku perwakilan Bakti Olahraga Djarum Foundation mengatakan, penyelenggaraan turnamen itu merupakan wujud nyata menjaga mata rantai prestasi para badminton Indonesia agar semakin berkilau di panggung dunia.

”Para badminton merupakan cabang olahraga yang memberikan kejayaan bagi Indonesia di panggung dunia. Terkini, Indonesia meraih medali emas di nomor ganda campuran SL3-SU5 di Paralimpade Paris,” ujar Yuni.

Menurut dia, torehan prestasi ini perlu dijaga dan ditingkatkan dengan cara menyelenggarakan secara rutin turnamen yang kompetitif seperti penyelenggaraan Hydroplus Indonesia Para Badminton International 2024. ”Sehingga impian Indonesia digdaya di bidang olahraga khususnya para badminton bisa tercapai,” ucap Yuni Kartika.

Wakil Sekretaris Jenderal National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Rima Ferdianto yang juga Ketua Panitia Pelaksana Hydroplus Indonesia Para Badminton International 2024 menuturkan, India akan menjadi lawan terberat. Mereka mengirimkan atlet terbanyak, total mencapai 60 atlet.

”Tahun lalu, India meraih 3 gelar juara dan menempatkan 14 atlet di posisi runner up serta juara ketiga,” terang Rima Ferdianto.

Beberapa nama yang meraih kejayaan di Paralimpade Paris 2024 akan terjun di Hydroplus Indonesia Para Badminton International 2024. Salah satunya ganda campuran SL3-SU5 Leani Ratri Oktila dan Hikmat Ramdani. Mereka sukses memboyong medali emas di Paralimpiade Paris 2024. Ratri juga memiliki juga modal mumpuni dengan mengantongi tiga gelar juara di kategori tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran pada Indonesia Para Badminton International tahun lalu.

”Di turnamen kali ini saya tidak turun di nomor tunggal, tapi di nomor ganda putri dan ganda campuran,” kata Ratri.

Senada dengan Ratri, Hikmat Ramdani mengaku akan bermain lepas dan maksimal di atas arena Hydroplus Indonesia Para Badminton International 2024. Gelar juara Paralimpiade Paris 2024 akan menjadi tambahan motivasi guna menaklukkan lawan-lawan. Dia pun meminta dukungan dan doa dari masyarakat agar bisa memberikan yang terbaik di ajang bergengsi ini.

”Saya tidak tersandera gelar juara. Medali Emas Paralimpiade Paris tidak membuat saya terbebani, justru ini menjadi tambahan motivasi agar saya bisa memberikan yang terbaik di lapangan nanti. Saya meminta doa agar bisa kembali mempersembahkan gelar juara bagi Indonesia,” tandas Hikmat.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #leani #ratri #hikmat #ramdani #turun #hydroplus #indonesia #badminton #international #2024

KOMENTAR