Rayakan Haornas 2024, Erick Thohir Janji Bakal Bikin Olahraga Indonesia Terus Berprestasi
Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberikan keterangan usai launching Liga 2 di Pegadaian Tower, Selasa (3/9). (Dimas Ramadhan/JawaPos.com)
11:26
9 September 2024

Rayakan Haornas 2024, Erick Thohir Janji Bakal Bikin Olahraga Indonesia Terus Berprestasi

– Peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2024 jatuh pada Senin, 9 September. Sejumlah tokoh dan pejabat publik turut merayakannya, tak terkecuali Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Dia mengucapkan Haornas sambil mengutarakan janji baru untuk olahraga Indonesia ke depan.

Peringatan Haornas 2024 pada 9 September 2024 ditetapkan oleh presiden Indonesia kedua, Soeharto, saat meresmikan pemugaran stadion Sriwedari di Surakarta pada 1983. Keputusan itu tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 67 tahun 1985 tentang Hari Olahraga Nasional.

Adapun tema peringatan Haornas 2024 adalah "Ayo Berolahraga: Bersatu Kita Juara". Tema tersebut bertujuan untuk menjadikan Haornas 2024 sebagai momentum untuk bersama-sama memegang komitmen mewujudkan partisipasi masyarakat dalam berolahraga.

Nah, Erick Thohir punya cara tersendiri dalam merayakan Haornas 2024. Melalui media sosial Instagram pribadinya, pria yang juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu bercerita mengenai olahraga dalam hidupnya.

"Olahraga jadi bagian tidak terpisahkan dalam perjalan hidup saya. Sportivitas, tanggung jawab, kerja sama, persatuan, fighting spirit, kompetitif, dan leadership sudah menjadi nilai yang tertanam dalam diri saya dari olahraga," tulis Erick Thohir.

Olahraga memang bukan dunia baru untuk seorang Erick Thohir. Sudah sangat lama dia terjun dalam dunia dan industri yang kompetitif tersebut.

Sebelum menjadi ketua umum PSSI, Erick Thohir pernah menjadi ketua umum PB Perbasi periode 2006-2010, sekaligus Presiden Asosiasi Bola Basket Asia Tenggara (SEABA, 2006–2019).

Pada 2012, Erick Thohir dipercaya sebagai Chief de Mission Kontingen Indonesia untuk Olimpiade di London 2012. Kemudian menjabat sebagai ketua Komite Olimpiade Indonesia antara 2015 dan 2019, serta menjadi Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC).

"Amanah yang dipercayakan kepada saya mulai dari menjadi Ketua Perbasi, Ketua KOI, Ketua Asian Games, FIBA Board Member, IOC Member dan Ketua Umum PSSI saat ini," katanya.

Selain menjadi pejabat organisasi olahraga, Erick Thohir juga aktif mengurus dan memiliki klub. Dia merupakan pendiri dan pemilik klub basket Satria Muda. Kemudian menjadi orang Asia pertama yang pernah memiliki tim bola basket NBA ketika membeli saham Philadelphia 76ers.

Erick Thohir juga sempat menjadi pemilik saham mayoritas sebuah klub Major League Soccer Amerika Serikat, DC United. Lalu pada 2013, perusahaan Erick Thohir secara resmi menjadi pemegang saham mayoritas dengan memiliki saham klub Inter Milan sebesar 70 persen. Dia pun sempat dipercaya sebagai presiden klub menggantikan Masimo Moratti.

Tapi, pada 2016, Erick Thohir melepas kepemilikan mayoritasnya di klub tersebut kepada perusahaan Tiongkok, Suning Holdings Group Co. Kini, dia bersama Anindya Bakrie memiliki saham Oxford United FC, klub kasta kedua Liga Inggris.

Meski sudah bertahun-tahun terjun dan mengurus dunia olahraga, Erick Thohir belum menunjukkan akan berhenti. Sebaliknya, dia berjanji akan terus bekerja keras demi membuat prestasi olahraga Indonesia semakin berprestasi.

"Insya Allah dengan setulus hati dan tenaga saya akan terus berikan yang terbaik agar olahraga Indonesia bisa berprestasi dan menjadi pemersatu bangsa. Selamat Hari Olahraga Nasional!" tutup Erick Thohir.

Editor: Edi Yulianto

Tag:  #rayakan #haornas #2024 #erick #thohir #janji #bakal #bikin #olahraga #indonesia #terus #berprestasi

KOMENTAR