Update Tim Asia Tenggara di Piala Asia 2023, Tinggal 2 Tim yang Mungkin Lolos Babak 16 Besar
Selebrasi para pemain Timnas Indonesia seusai menjebol gawang Vietnam di Piala Asia 2023 (pssi.org)
06:54
21 Januari 2024

Update Tim Asia Tenggara di Piala Asia 2023, Tinggal 2 Tim yang Mungkin Lolos Babak 16 Besar

Malaysia menelan kekalahan pahit di Piala Asia 2023 setelah kalah 0-1 dari Bahrain pada matchday kedua Grup E di Jassim Bin Hamad Stadium, Qatar, Sabtu (20/1/2024) malam. Harimau Malaya harus merelakan kemenangan saat gol Ali Madan terjadi pada menit ke-95, membuat Dion Cools dan rekan-rekannya tersingkir lebih awal dari turnamen ini.

Kekalahan tersebut menyisakan rasa kecewa karena terjadi di menit akhir pertandingan. Meskipun pada laga pertama, Malaysia sudah kalah telak 0-4 dari Yordania, hasil laga terakhir fase grup melawan Korea Selatan tetap tidak akan mempengaruhi nasib Malaysia di turnamen ini.

Malaysia sekarang menjadi tim ASEAN kedua yang harus pulang lebih awal dari Piala Asia 2023, mengikuti jejak Vietnam yang sebelumnya sudah dipastikan gagal lolos dari fase grup setelah kalah 2-4 dari Jepang dan 0-1 dari Indonesia.

Para pemain Bahrain melakukan selebrasi usai pertandingan kedua Grup E Piala Asia 2023 antara Bahrain vs Malaysia di Stadion Jassim bin Hamad di Doha pada 20 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP.Para pemain Bahrain melakukan selebrasi usai pertandingan kedua Grup E Piala Asia 2023 antara Bahrain vs Malaysia di Stadion Jassim bin Hamad di Doha pada 20 Januari 2024.KARIM JAAFAR / AFP.

Meskipun begitu, masih ada dua wakil Asia Tenggara yang terus meraih harapan di Piala Asia 2023, yaitu Timnas Indonesia dan Thailand.

Thailand berada di posisi yang cukup aman di puncak Grup F setelah berhasil memenangkan laga perdana kontra Kyrgystan. Mereka akan menghadapi laga kedua kontra Oman pada Minggu (21/1/2024).

Sementara itu, Timnas Indonesia akan menghadapi laga penentuan melawan Jepang di Grup D. Meskipun berada di posisi ketiga dengan tiga poin berkat kemenangan atas Vietnam, peluang Timnas Indonesia untuk melaju ke 16 besar terbuka lebar.

Jepang, yang kalah 1-2 dari Irak pada laga kedua, akan berusaha keras untuk memastikan tempat mereka di babak 16 besar.

Skenario Timnas Indonesia untuk melaju ke babak selanjutnya bisa melalui jalur runner-up terbaik, karena mereka masih berada di daftar empat tim teratas yang berhak maju lewat skema itu. Dengan semangat dan perjuangan maksimal, Timnas Indonesia tetap optimis untuk membawa pulang hasil yang memuaskan di Piala Asia 2023.

Ketakutan Timnas Jepang

Bintang Timnas Jepang, Takefusa Kubo menegaskan timnya harus fokus jelang menghadapi Timnas Indonesia dalam matchday terakhir Grup D Piala Asia 2023, Rabu (24/1/2024) mendatang.

Kubo, yang kini berkarier di Liga Spanyol bersama Real Sociedad, menegaskan Jepang harus memusatkan pikiran pada matchday terakhir Grup D demi lolos ke 16 besar Piala Asia 2023.

Situasi Jepang menjadi sulit setelah mereka secara mengejutkan kalah 1-2 dari Irak dalam matchday kedua yang berlangsung Jumat (19/1/2024).

Kekalahan itu bikin tim berjuluk Samurai Biru belum dipastikan lolos ke fase gugur. Hasil menghadapi Timnas Indonesia akan menentukan peluang mereka melewati fase grup.

Kekalahan dari Irak tak hanya bikin Jepang harus bekerja lebih keras untuk lolos fase gugur, tetapi membuat mereka was-was karena berpotensi jumpa Korea Selatan di babak 16 besar.

Andai Jepang mengalahkan Timnas Indonesia, mereka akan finis sebagai runner-up Grup D dan akan menghadapi juara Grup E yang kemungkinan antara Korea Selatan atau Yordania.

Kubo menegaskan bahwa dia dan rekan-rekannya tidak boleh berpikir terlalu jauh. Dia memperingatkan hasil tak diinginkan mungkin terjadi andai mereka hilang fokus dalam laga kontra Timnas Indonesia.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #update #asia #tenggara #piala #asia #2023 #tinggal #yang #mungkin #lolos #babak #besar

KOMENTAR