Melihat Statistik Timnas Indonesia, Seberapa Jauh Kans Menang Lawan Arab Saudi, Pemain Naturalisasi Bisa Jadi 'Jimat'?
Skuad Timnas Indonesia Senior (pssi.org)
15:06
22 Agustus 2024

Melihat Statistik Timnas Indonesia, Seberapa Jauh Kans Menang Lawan Arab Saudi, Pemain Naturalisasi Bisa Jadi 'Jimat'?

Menurut pengamat sepak bola Justinus Lhaksana, peluang Timnas Indonesia untuk menang melawan Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia 2026 tidak terlalu besar. Lho kenapa?

Dia menilai peluang Indonesia sekitar 30-40 persen, sama seperti pendapat Pelatih Shin Tae-yong.

Pertandingan pertama Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan digelar di Stadion King Abdullah Sports City Jeddah pada 5 September 2024.

Timnas Indonesia, yang berada di peringkat 133 FIFA, akan menghadapi Arab Saudi yang berada di posisi 56 dan sudah enam kali tampil di Piala Dunia, sementara Indonesia belum pernah.

Baca Juga: Adu Gaji Pratama Arhan vs Mauro Zijlstra, Calon Striker Timnas Indonesia Bak Langit dan Bumi, Lebih Besar Siapa?

Cuaca Panas Jadi Faktor

Menurut Justin, Indonesia menghadapi tantangan berat melawan tim kuat dalam cuaca panas.

Untuk mengatasi suhu tersebut, pemain harus banyak minum air agar tetap terhidrasi dan fokus selama pertandingan.

Berdasarkan data World Bank Climate Change Knowledge Portal, musim panas di wilayah tengah sangat panas dan kering, berkisar antara 27 derajat celcius hingga 43 derajat celcius di daerah pedalaman dan 27 derajat celcius hingga 38 derajat celcius di daerah pesisir.

Di musim dingin, suhu berkisar antara 8 derajat celcius hingga 20 derajat celcius di bagian pedalaman

Baca Juga: H-16 Jelang Lawan Arab Saudi, Shin Tae-yong Dapat Kabar Buruk untuk Timnas Indonesia, Padahal Yakin Makin Kuat Tapi...

"Cuaca panas bisa menyebabkan dehidrasi dan mengurangi konsentrasi. Untuk menjaga fokus selama 90 menit, pemain harus banyak minum air," ujar Justin.

Bisa Menang Asal Mental Kuat

Menurut Justin, faktor mental juga sangat penting. Para pemain harus siap secara mental untuk bermain tandang melawan Arab Saudi, tim kuat Asia.

"Main tandang berarti tidak ada dukungan suporter. Untuk lolos ke Piala Dunia, standar kita harus setinggi negara-negara yang sering lolos. Pemain perlu tetap tenang dan tidak grogi," tegas Justin.

Tanpa Maarten Paes

Meski akan diperkuat banyak pemain keturunan, tapi sang kiper Maarten Paes tidak bisa ikut membela Timnas Indonesia melawan Arab Saudi.

Arya Sinulingga, salah satu anggota Komite Eksekutif PSSI, telah memberikan penjelasan terkait ketidakhadiran Maarten Paes dalam pertandingan perdana Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Arab Saudi.

"AFC mengatakan bahwa kita harus mendaftarkan pemain untuk match pertama 5 Agustus sementara kemarin prosesnya baru selesai kemarin kan tanggal 18 jadi Maarten Paes belum bisa main untuk melawan Arab Saudi," kata Arya dikutip dari kanal YouTube Bebas Podcast, Rabu (21/8/2024).

Padahal, laga ini sangat dinantikan sebagai momen debut sang kiper naturalisasi di kancah internasional bersama skuad Garuda.

Ternyata, aturan pendaftaran pemain yang ditetapkan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menjadi penghalang utama bagi Maarten Paes untuk tampil pada laga tersebut.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #melihat #statistik #timnas #indonesia #seberapa #jauh #kans #menang #lawan #arab #saudi #pemain #naturalisasi #bisa #jadi #jimat

KOMENTAR