Bacaan Doa Tahiyat Akhir dalam Sholat Lengkap dengan Bahasa Arab, Indonesia dan Artinya
Ilustrasi Seorang Muslim Sedang Duduk Tasyahud Akhir (Freepik)
06:27
5 Mei 2024

Bacaan Doa Tahiyat Akhir dalam Sholat Lengkap dengan Bahasa Arab, Indonesia dan Artinya

Jawapos.com - Sholat adalah salah satu ibadah wajib bagi umat islam karena termasuk salah satu dari 5 rukun Islam.

Adapun dalam sholat terdapat salah satu rukun yaitu tasyahud akhir atau tahiyat akhir.

Dilansir dari laman resmi Nu Online rukun dalam shalat ada 18 dimana salah satunya adalah membaca tasyahud atau tahiyat akhir.

Sehingga agar sholat seorang muslim dinyatakan sah harus membaca doa tahiyat akhir.

Adapun doa tasyahud atau tahiyat akhir ini adalah doa yang dibaca saat duduk tawaruk dimana posisi kaki kanan lurus ke belakang dan kaki kiri menyilang di bawah kaki kanan. Posisi ini adalah rukun terakhir dalam shalat sebelum mengucapkan salam.

Berikut ini adalah doa tahiyat akhir dalam sholat yang dikutip dari laman Wisatanabawi.com, dengan Bahasa Arab, Indonesia dan juga disertai artinya.

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ ِللهِ ، السَّلاَمُ عَلَيْكَ أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ السَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِيْنَ .

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ الله. اَلَّلهُمَّ صَلِّ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمّدْ وعلى آلِ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّد كَمَا صَلَّبْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلعَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى عَلَي سَيِّدِنَا آلِ مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْد. اَلْلَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمِنْ عَذَابِ القَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ المَحْيَا وَالمَمَاتِ وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ المَسِيْحِ الدَجَّالِ.

AtTahiyyaatul Mubaarakaatush Shalawatuth Thayyibaatu Lillaah. Assalamu'alaika Ayyuhan Nabiyyu Wa Rahmatullaahi Wabarakaatuh, Assalaamu’Alaina Wa’Alaa Ibaadillaahishaalihiin.

Asyhadu Allaa Ilaaha Illallaah, Wa Asyhadu Anna Muhammadan Rasuulullaah.

Allaahumma Shalli Alaa Sayyidina Muhammad, Wa’Alaa Aali Sayyidina Muhammad. Kamaa Shallaita Alaa Ibraahiim Wa Alaa Aali Ibraahiim.

Wabaarik Alaa Sayyidina Muhammad Wa Alaa Aali Sayyidina Muhammad. Kamaa Baarakta Alaa Ibraahiim Wa Alaa Aali Ibraahiim, Fil alamina Innaka Hamidum Majiid.”

Arti Doa Tahiyat Akhir

“Segala kehormatan, dan keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan itu hanya milik Allah. Keselamatan atas Nabi Muhammad, juga rahmat dan berkahnya. Keselamatan dicurahkan kepada kami dan atas seluruh hamba Allah yang sholeh.

Aku bersaksi tidak ada Tuhan yang wajib disembah kecuali Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas keluarga Nabi Muhammad. Seperti rahmat yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya.

Dan limpahkanlah berkah atas Nabi Muhammad beserta keluarganya. Seperti berkah yang Engkau berikan kepada Nabi Ibrahim dan keluarganya. Engkaulah Tuhan yang sangat terpuji lagi sangat mulia di seluruh alam.”

Baiklah demikian ulasan kali yang menjelaskan mengenai bacaan doa tahiyat akhir sebagai salah satu rukun dalam mendirikan ibadah sholat.

Jadi doa ini wajib untuk dibacakan saat tasyahud akhir. Semoga informasi ini, bisa menambah pengetahuan dan kekhusyukan kita dalam melaksanakan ibadah sholat.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #bacaan #tahiyat #akhir #dalam #sholat #lengkap #dengan #bahasa #arab #indonesia #artinya

KOMENTAR