10 Amalan Perempuan yang sedang Haid, Tetap Mengalirkan Pahala Meskipun Tidak Bisa Sholat
berdzikir dan istigfar (freepik)
17:39
23 Maret 2024

10 Amalan Perempuan yang sedang Haid, Tetap Mengalirkan Pahala Meskipun Tidak Bisa Sholat

 

 Setiap bulan, perempuan akan mengalami menstruasi atau haid. Hal ini merupakan kejadian alami yang dijumpai oleh setiap perempuan. 

Meskipun sering dianggap sebagai hal yang menyulitkan, ternyata ada keistimewaan dan pahala yang luar biasa bagi perempuan saat mengalami masa haid. Menurut ajaran Islam, haid adalah suatu kondisi alami yang tidak bisa dihindari oleh perempuan. 

Saat haid, perempuan tidak diperkenankan untuk melakukan ibadah-ibadah tertentu seperti shalat dan puasa, masih ada banyak amalan lain yang bisa dilakukan untuk tetap mendekatkan diri kepada Allah. 

Namun, dibalik ketidaknyamanannya, Allah memberikan pahala yang besar bagi perempuan saat mengalami haid. Bahkan, Rasulullah Muhammad SAW pernah mengatakan bahwa perempuan yang mengalami haid tetap akan mendapatkan pahala atas segala amalan baiknya.

Inilah yang akan kita bahas dalam artikel ini, 10 amalan bagi perempuan haid agar pahala tetap mengalir deras.

 

1. Berzikir Saat Haid

Perempuan dalam masa haid masih diperbolehkan untuk berdzikir. Dalam Islam, zikir merupakan amal ibadah yang sangat dianjurkan. Perempuan dapat mengucapkan berbagai kalimat Thoyyibah seperti tasbih, tahmid, takbir, tahlil, dan lainnya. 

2. Berdoa saat Haid 

Tetap diperbolehkan bagi perempuan untuk berdoa meski dalam keadaan haid. Doa merupakan bentuk ikhtiar dan usaha manusia untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dengan berdoa, perempuan dapat meminta perlindungan, petunjuk, dan keberkahan dalam kehidupannya.

 

3. Mendengarkan Lantunan Al-Quran

Meskipun perempuan haid tidak diperbolehkan membaca Al-Quran, mereka masih bisa mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran. Dengan mendengarkan lantunan ayat suci, hati perempuan haid akan tetap dekat dengan Allah. 

Hal tersebut, sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Aisyah, bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam meletakkan kepalanya di pangkuanku saat aku sedang haid dan ia membaca Al-Quran.

4. Bersholawat

Bersholawat merupakan amalan yang bisa dilakukan kapan saja, termasuk saat haid. Sholawat adalah bukti cinta manusia kepada Allah dan Rasulullah. Pahala bersholawat sangat besar, karena selain sebagai sebab turunnya rahmat dan pengampunan, pahalanya juga berlipat ganda dari Allah.

 

5. Bersedekah

Bersedekah merupakan amalan saat haid yang bisa dilakukan oleh perempuan. Meskipun amalan yang mudah, pahalanya cukup besar. Bersedekah tidak hanya sebatas memberi santunan kepada fakir miskin atau anak yatim, tetapi juga bisa berupa waktu, tenaga, atau keahlian yang dimiliki. Senyuman kebaikan dan berbagai bentuk kebaikan lainnya.

6. Mendengarkan Tausiyah

Perempuan haid juga dapat mendekatkan diri kepada Allah dengan mendengarkan tausiyah melalui televisi, radio, atau media sosial. Mendengarkan tausiyah dapat menguatkan iman dan memberikan pengetahuan baru yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

7. Menuntut Ilmu

Menuntut ilmu adalah amalan yang penuh pahala bagi perempuan, termasuk saat haid. Tidak ada batasan usia atau waktu dalam belajar dan mencari ilmu. Ilmu yang didapat bisa berupa pengetahuan keagamaan maupun pengetahuan umum yang mendekatkan diri kepada Allah.

8. Membaca atau Mengamalkan Asmaul Husna

Amalan selanjutnya yaitu membaca atau mengamalkan Asmaul Husna merupakan salah satu amalan saat haid yang dapat dilakukan oleh perempuan. Dengan mengingat nama-nama Allah yang istimewa, kita dapat merasa dekat dengan-Nya dan memperoleh keberkahan.

9. Menyampaikan Dakwah

Pada amalan ini, meskipun hanya dengan satu ayat, perempuan haid tetap dapat menyampaikan dakwah atau berbagi ilmu kepada orang lain. Ini merupakan amalan yang dapat memberikan manfaat besar bagi orang lain dan mendatangkan keberkahan bagi diri sendiri. 

10. Bersilaturahmi

Bersilaturahmi dengan saudara, teman, dan kerabat merupakan amalan yang mudah dilakukan saat haid. Perempuan haid bisa menjalin silaturahmi dengan mengunjungi mereka, menelepon, atau mengirim pesan singkat. Dengan bersilaturahmi, kita dapat membuka pintu kebaikan dan mendapatkan pahala yang berlipat.

Dengan menjalankan amalan-amalan tersebut, perempuan haid dapat tetap mendapatkan pahala yang mengalir deras, meskipun tidak sedang melakukan shalat lima waktu. Semoga kita semua bisa istiqomah dalam menjalankan amalan-amalan tersebut untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Editor: Kuswandi

Tag:  #amalan #perempuan #yang #sedang #haid #tetap #mengalirkan #pahala #meskipun #tidak #bisa #sholat

KOMENTAR