5 Amalan Baik untuk Memperingati Maulid Nabi 1446 H, Hari Kelahiran Rasulullah Muhammad SAW
Ilustrasi Maulid Nabi Muhammad SAW. (Masagipedia.com)
12:45
16 September 2024

5 Amalan Baik untuk Memperingati Maulid Nabi 1446 H, Hari Kelahiran Rasulullah Muhammad SAW

- Nabi Muhammad SAW merupakan sosok yang diteladani dan dicintai oleh para pengikutnya. Hal ini karena perjuangannya dalam mencintai, merangkul, dan memeluk umatnya.

Sebagai bentuk cinta yang dilakukan para umatnya pada Sang Nabi, shalawat selalu dilantunkan untuk mendoakan dan memuji Nabi Muhammad SAW.

Selain shalawat, bentuk cinta lain yang ditunjukkan oleh umat Nabi Muhammad SAW adalah dengan cara memperingati hari lahirnya yang kerap disebut Maulid Nabi.

Maulid Nabi merupakan peringatan hari lahir Nabi Muhammad yang ditentukan berdasarkan penanggalan kalendar hijriyah setiap tanggal 12 Rabiul Awal.

Hari kelahiran Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu hari baik yang sudah seharusnya diisi oleh kegiatan-kegiatan baik.

Untuk merayakan dan memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW, ada beberapa kebaikan yang bisa anda lakukan.

Simak amalan yang bisa anda lakukan dalam rangka memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW!

  1. Melantunkan Shalawat Nabi

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menunjukkan rasa cinta kita pada Nabi Muhammad SAW. Dan salah satunya adalah dengan melantunkan shalawat.

Shalawat yang kita lantunkan untuk Nabi Muhammad SAW merupakan cara kita memujinya dan menunjukkan bentuk syukur sebagai umatnya karena telah dibimbing, dicintai, dan diberikan banyak sifat baik untuk diteladani. 

  1. Membaca Al Quran

Al Quran merupakan pedoman hidup bagi umat Muslim. Segala hal yang terjadi dalam hidup ini telah tertulis dalam Al Quran, termasuk kisah tentang Nabi Muhammad SAW.

Oleh sebab itu, untuk melengkapi amalan baik yang bisa dilakukan pada momen peringatan hari lahir Sang Nabi, akan sangat baik jika kita membaca kitab suci Al Quran.

  1. Melaksanakan Puasa Sunah

Seperti yang kita ketahui, puasa merupakan salah satu ibadah yang umum dilakukan oleh umat Muslim.

Oleh sebab itu, puasa sunah dapat kita lakukan sebagai salah satu amalan dalam memperingati Maulid Nabi.

  1. Bersedekah

Banyak orang sepakat bahwa harta yang kita miliki tidak sepenuhnya menjadi hak kita. Artinya, ada sebagian kecil hak untuk saudara-saudara kita di luar sana, terutama mereka yang tidak mampu.

Bersedekah juga merupakan salah satu amalan baik yang disukai Allah dan Rasulullah, sebab dengan bersedekah kita bisa sedikit membantu saudara-saudara kita di luar sana untuk bertahan hidup.

  1. Tiru Sifat Baik Nabi Muhammad SAW

Segala kebaikan dari Nabi Muhammad SAW tertulis jelas di dalam di Al Quran. Maka dari itu, tak heran bahwa ia dicintai dan diteladani oleh para umatnya.

Meniru kebaikan yang pernah dan selalu dilakukan Sang Nabi dapat kita tiru dalam kehidupan sehari-hari.

Akan tetapi, jauh lebih baik jika kebaikan-kebaikannya dilekatkan dalam hati dan pikiran kita, sehingga kita bisa hidup dengan tenang dan nyaman.

Itulah beberapa amalan baik yang bisa anda lakukan dalam rangka memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW. 

Jangan pernah berhenti melakukan amalan baik itu. Pertahankan amalan-amalan tersebut hingga akhir hayat nanti hingga kita dapat berjumpa dengan Nabi Muhammad SAW di Surga Firdaus.

Editor: Bayu Putra

Tag:  #amalan #baik #untuk #memperingati #maulid #nabi #1446 #hari #kelahiran #rasulullah #muhammad

KOMENTAR