Freeport Indonesia Pecahkan Rekor Muri Gelar HUT RI di Lokasi Elevasi Tertinggi, Ini Penampakannya
Freeport Indonesia menggelar puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 79 di kawasan Tembagapura, Timika, Papua Tengah, Sabtu, 17 Agustus 2024. (Suara.com/Ist)
02:04
18 Agustus 2024

Freeport Indonesia Pecahkan Rekor Muri Gelar HUT RI di Lokasi Elevasi Tertinggi, Ini Penampakannya

Seperti apa mengikuti peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di wilayah tertinggi dibanding upacara di daerah lain di Indonesia. Ya, Freeport Indonesia menggelar puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 79 di kawasan Tembagapura, Timika, Papua Tengah, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Lokasi acara di Lapangan Sport Hall Tembagapura yang terletak sekitar 2000 meter di atas permukaan laut. Kawasan ini dikenal sebagai lokasi pertambangan emas terbesar di dunia dan tambang terbesar ketiga tembaga. Ribuan pekerja tambang dan keluarga tinggal di cekungan pegunungan ini dan mengikuti kegiatan upacara pengibaran bendera. Akhirnya Museum Rekor Indonesia (MURI) mencatat gelaran HUT Kemerdekaan RI tahun 2024 yang diselenggarakan PT Freeport Indonesia sebagai penyelenggaraan di kawasan elevasi tertinggi di Indonesia.

Sebanyak 1000 perwakilan pekerja, pemerintah, pelajar hingga tamu undangan memenuhi lapangan. Presiden Direktur Freeport Tony Wenas bertindak selaku inspektur upacara. Layar lebar terbentang, karena acara disiarkan langsung ke wilayah PT Freeport beroperasi, di 4 lokasi dan 3 provinsi. Tembagapura, Kuala Kencana, smelter Gresik Jawa Timur dan kantor pusat Jakarta. Bagi PT Freeport Indonesia, upacara ini menjadi upacara ke 51 sejak pertama diselenggarakan pada tahun 1973 di Tembagapura.

Nah, yang menarik upacara di Tembagapura dimulai pukul 08.40 WIT atau pukul 06.40 waktu Jakarta atau Gresik. Sudah beranjak siang, namun temperatur udara di pegunungan terbilang rendah, yakni 19 derajat celcius. Banyak peserta upacara menggunakan rompi hingga jaket.

Baca Juga: Jokowi Bersyukur Upacara di IKN Berjalan Lancar: Suasana Sejuk, Tidak Panas

Bila melihat lokasi lapangan, terlihat jelas dari sisi lapangan tampak lembah dan cekungan pegunungan yang dalam. Hanya kabut tipis berganti tebal yang menghalangi jarak, sehingga sejauh mata memandang ke lembah hanya terlihat awan bergulung. Sangat menarik, seperti mengikuti upacara bendera di atas awan. Sejauh mata memandang ke arah lembah, awan bergerak silih berganti.

Pemandangan serupa juga saat melihat ke arah atas. Tebing menjulang tinggi dengan selingan awan bergerak bergantian. Sungguh kontras dengan rangkaian acara yang tidak hanya menggelar upacara, namun dilanjutkan tarian kolosal dari berbagai daerah hingga pentas musik. Jadilah, awan hingga kabut yang silih berganti di dinding pegunungan seakan menjadi panggung dengan latar belakang yang sangat indah.

Presiden Direktur Freeport Indonesia Tony Wenas menegaskan, PT Freeport Indonesia berkomitmen menjalankan operasi pertambangan terpadu dari hulu hingga hilir.

“Putra putri terbaik bangsa di Freeport Indonesia akan terus menjalankan produksi yang aman dan berkelanjutan sebagai bagian dari semangat mengisi kemerdekaan,’ kata Tony Wenas.

Baca Juga: Prabowo Subianto Hadiri Upacara HUT RI ke-79 di IKN, Pakai Baju Adat Bangsawan Betawi

Editor: Bella

Tag:  #freeport #indonesia #pecahkan #rekor #muri #gelar #lokasi #elevasi #tertinggi #penampakannya

KOMENTAR