Cek Fakta: RANS Entertainment Gelar Giveaway Melalui Kuis Tebak Nama Anak Raffi Ahmad - Nagita Slavina, Benarkah?
Cek Fakta: RANS Entertainment Gelar Giveaway Melalui Kuis Tebak Nama Anak Raffi Ahmad - Nagita Slavina, Benarkah? (Turnbackhoax)
23:08
13 Agustus 2024

Cek Fakta: RANS Entertainment Gelar Giveaway Melalui Kuis Tebak Nama Anak Raffi Ahmad - Nagita Slavina, Benarkah?

Beredar di Facebook sebuah akun yang mengatasnamakan Rans Entertainment, menampilkan video Raffi Ahmad dan Nagita Slavina dengan tumpukan uang di meja. Dalam narasi yang menyertainya, akun tersebut mengklaim sedang mengadakan giveaway, di mana pengguna Facebook yang menjawab pertanyaan kuis dengan benar berkesempatan memenangkan hadiah sebesar 50 juta rupiah.

Akun tersebut menyebarkan narasi sebagai berikut:

"KAMI DRI KELUARG4 BESAR RAFFI/NAGIT4!! B4GI-B4GI BERK4H KHUSUSNYA PENGGUNA FACEBOOK YG MENERIMA PESAN INI ANDA BERPELUANG MENDAPATKAN HADIAH 50JT DRI RAFFI 4HMAD SYARATNYA JAWAP PERTANYAAN DI BAWA INI…. GIVE AWAY RANS ENTERTAINMENT"

Kuis tersebut kemudian menanyakan nama anak kedua Raffi Ahmad, dengan dua pilihan jawaban: A. Rayyanza Malik Ahmad dan B. Rafathar Malik Ahmad.

Baca Juga: Cek Fakta: IKN dan Balikpapan Tenggelam, Proyek Tol dan Perkampungan Ambles, Benarkah?

Penjelasan Fakta

Setelah dilakukan pengecekan, diketahui bahwa akun tersebut bukanlah akun resmi dari Rans Entertainment ataupun Raffi Ahmad.

Akun resmi Rans Entertainment di Facebook adalah facebook.com/ransentertainment yang telah memiliki 4 juta pengikut dan mendapatkan verifikasi centang biru.

Lebih lanjut, video yang digunakan dalam unggahan ini sebenarnya berasal dari postingan Instagram Raffi Ahmad pada tahun 2020, di mana ia mengadakan giveaway untuk merayakan 40 juta pengikut di Instagram.

Video tersebut kini dimanfaatkan oleh akun Facebook tiruan sebagai bagian dari modus penipuan online.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa akun Facebook yang menyebarkan giveaway ini adalah akun tiruan yang berupaya memanfaatkan popularitas Raffi Ahmad untuk menipu pengguna Facebook.

Baca Juga: Selisih Rp75 Juta, Harga Kereta Bayi Nagita Slavina 4 Kali Lebih Mahal dari Syahrini

Masyarakat diimbau untuk selalu waspada terhadap akun-akun yang tidak terverifikasi dan menawarkan hadiah-hadiah besar dengan cara yang mencurigakan.

Editor: Bella

Tag:  #fakta #rans #entertainment #gelar #giveaway #melalui #kuis #tebak #nama #anak #raffi #ahmad #nagita #slavina #benarkah

KOMENTAR