Sosok Violetha Agryka Sianturi, Putri Asal Sibolga Pimpin Pengukuhan Paskibraka Nasional 2024
Sosok Violetha Agryka Sianturi, Paskibraka asal Kota Sibolga, Provinsi Sumatra Utara pimpin upacara pengukuhan Paskibraka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur pada Selasa (13/8/2024). 
21:13
13 Agustus 2024

Sosok Violetha Agryka Sianturi, Putri Asal Sibolga Pimpin Pengukuhan Paskibraka Nasional 2024

- Inilah sosok Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) asal Kota Sibolga, Provinsi Sumatra Utara, Violetha Agryka Sianturi.

Violetha Agryka Sianturi memimpin upacara pengukuhan Paskibraka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur pada Selasa (13/8/2024).

Termasuk Violetha Agryka Sianturi, sebanyak 76 putra-putri terbaik bangsa dari 38 provinsi menjadi Paskibraka dan akan bertugas pada HUT ke-79 RI tanggal 17 Agustus 2024 di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara simbolis mengukuhkan Paskibraka Nasional 2024 kepada Violetha Agryka Sianturi mewakili rekan-rekannya, di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara simbolis mengukuhkan Paskibraka Nasional 2024 kepada Violetha Agryka Sianturi mewakili rekan-rekannya, di Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN) - (YouTube Sekretariat Presiden)

Sosok Violetha Agryka Sianturi

Violetha Agryka Sianturi merupakan siswi SMA Negeri 1 Sibolga.

Dikutip dari Tribun Medan, Violetha merupakan sosok berprestasi.

Berbagai ajang perlombaan dimenangi Violetha sejak 2018.

Mulai dari juara 3 lomba cerita rakyat se-Kota Sibolga, juara 1 lomba cerita Alkitab se-kota Sibolga, juara 1 lomba story telling pasisi se-kota Sibolga dan berbagai perlombaan lainnya.

Violetha juga aktif mengikuti berbagai kontes kecantikan.

Violetha tercatat menyabet gelar Puteri Cagar Budaya Sumatera Utara 2024 dan Puteri Kebudayaan Kota Sibolga 2024.

Violetha juga merupakan 1st Runner-Up Miss Remaja Indonesia 2023.

Di sekolah, Violetha aktif di berbagai kegiatan.

Kini ia menjabat Wakil Sekretaris OSIS SMA Negeri 1 Sibolga 2024-2025.

Prosesi Pengukuhan Paskibraka 2024

Adapun upacara pengukuhan Paskibraka 2024 diawali dengan dikumandangkannya lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan penghormatan kepada Presiden Jokowi selaku Inspektur Upacara.

Sesi selanjutnya adalah pembacaan ikrar untuk Paskibraka yang dipimpin oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi.

"Ikrar Putra Indonesia, aku mengaku putra Indonesia dan berdasarkan pengakuan itu, aku mengaku bahwa aku adalah makhluk Tuhan Sang Maha Pencipta dan bersumber padanya."

"Aku mengaku bertumpah darah satu, tanah air Indonesia. Aku mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia. Aku mengaku bernegara satu, Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945."

"Aku mengaku berjiwa dan berideologi satu, jiwa dan ideologi Pancasila dan satu Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Aku mengaku bertujuan satu, masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila."

"Aku mengaku kebhinekaan dalam kesatuan budaya bangsa. Aku mengaku sebagai generasi penerus, perjuangan besar kemerdekaan dengan akhlak dan ikhsan menurut ridho Tuhan Yang Maha Esa."

"Berdasarkan pengakuan-pengakuan ini, dan demi kehormatanku sebagai kader bangsa, aku berjanji akan sungguh-sungguh menjalankan kewajibanku untuk mengamalkan semua pengakuan ini dalam karya hidupku sehari-hari. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati niatku ini dengan taufik dan hidayahnya serta inayahnya," kata Yudian yang ditirukan oleh seluruh anggota Paskibraka.

Setelah mengucapkan ikrar, Violetha mewakili seluruh anggota Paskibraka mencium bendera Merah Putih dengan iringan lagu "Bagimu Negeri".

Kemudian, sesi berlanjut dengan pengukuhan anggota Paskibraka oleh Jokowi.

"Dengan memohon ridho Tuhan Yang Maha Kuasa, dengan ini saya kukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka tingkat pusat Tahun 2024 yang akan bertugas di Istana Negara Ibu Kota Nusantara pada tanggal 17 Agustus 2024."

"Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam menjalankan tugas negara," kata Jokowi.

Setelah itu, Jokowi menyematkan lencana dan pemasangan kendit kepada Violetha sebagai pemimpin upacara.

Usai upacara, Jokowi dan sejumlah pejabat tinggi negara menyalami seluruh anggota Paskibraka yang hadir.

Sebagian artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul INILAH Ibnu Aswan dan Violetha Wakil Sumut di Paskibraka Nasional 2024.

(Tribunnews.com/Gilang Putranto, Yohanes Liestyo Poerwoto) (Tribun-Medan.com/Husna Fadilla Tarigan)

Editor: Suci BangunDS

Tag:  #sosok #violetha #agryka #sianturi #putri #asal #sibolga #pimpin #pengukuhan #paskibraka #nasional #2024

KOMENTAR