Sebanyak 36 Peserta Jalani Tes Asessmen Seleksi Calon Komisioner Kompolnas di Mabes Polri
Para Tim Pansel Calon Anggota Kompolnas saat melakukan sesi doorstop di sela-sela Tes Asessmen di Gedung NTCC, Mabes Polri, Jakarta, Selasa (13/8/2023). 
14:25
13 Agustus 2024

Sebanyak 36 Peserta Jalani Tes Asessmen Seleksi Calon Komisioner Kompolnas di Mabes Polri

Sebanyak 36 calon anggota Kompolnas menjalani tes assesmen di Gedung NTCC, Mabes Polri, Selasa (13/8/2024) hari ini.

Adapun dalam tes asesmen kali ini bertujuan untuk menggali nilai kompetensi serta integritas para peserta sebelum nantinya dinyatakan lolos dan mengikuti tes lanjutan dalam seleksi anggota Kompolnas.

Sementara itu Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Calon Anggota Kompolnas, Hermawan Sulistyo menjelaskan bahwa tes asessmen ini akan dilakukan mulai hari ini 13 Agustus hingga Kamis 15 Agustus 2024.

"Jadi karena waktunya cukup panjang sehingga tidak memungkinkan untuk 36 orang dilakukan tes dalam satu hari," kata Hermawan di Gedung NTCC Mabes Polri, Selasa (13/8/2024).

Hermawan juga mengungkapkan, bahwa tes asessmen ini dilakukan agar penilaian terhadap para calon bisa lebih tepat sasaran.

Sekaligus kata dia asessmen tes ini juga sebagai penilaian puncak bagaimana Pansel mengukur daripada kemampuan para calon pimpinan Kompolnas tersebut.

"Mengapa ada asessmen tes ini supaya lebih objektif, lebih akurat dan lebih tepat sasaran," jelasnya.

Selain itu dirinya juga memastikan bahwa dalam proses tes ini Tim Pansel dalam melakukan penilaian bakal transparan.

Hal itu lantaran sistem penilaian terutama pada tes asessmen ini dilakukan menggunakan sistem bank riview.

"Jadi ujian tertulis misalnya, kami tidak tahu siapa yang kami nilai, namanya ditutup dan yang dinilai tidak tahu dia dinilai oleh siapa. Dan semua menilai, jadi satu orang dinilai oleh sembilan orang," kata Hermawan.

Kemudian lebih lanjut, Hermawan menuturkan dari tes asessmen ini, Tim Pansel akan menentukan sebanyak 24 calon yang bakal lolos tahap selanjutnya.

Adapun dalam tes selanjutnya ke-24 peserta itu akan menjalani tes profiling dan wawancara sekaligus tahap akhir dalam proses seleksi calon anggota Kompolnas.

"Setelah itu kami peras sampe 12, 12 kita serahkan ke Menkopolhukam sebagai penanggung jawab lalu diserahkan ke Presiden. Presiden (kemudian) akan memilih 6 dari 12 itu," pungkasnya.

Editor: Muhammad Zulfikar

Tag:  #sebanyak #peserta #jalani #asessmen #seleksi #calon #komisioner #kompolnas #mabes #polri

KOMENTAR