UPH Festival 2024 Dorong Mahasiswa Baru Gali Potensi dan Miliki Sikap Kepemimpinan
UPH Festival. (Dok: UPH)
19:28
12 Agustus 2024

UPH Festival 2024 Dorong Mahasiswa Baru Gali Potensi dan Miliki Sikap Kepemimpinan

Untuk menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025, ONE Universitas Pelita Harapan (UPH) akan mengadakan acara tahunan UPH Festival 2024 yang berlangsung dari 15 hingga 17 Agustus 2024. Acara ini diadakan di tiga kampus UPH yaitu Lippo Village, Surabaya, dan Medan. Mengusung tema “A Mind of Excellence”, UPH Festival 2024 menjadi langkah awal bagi mahasiswa baru untuk menjadi pemimpin masa depan yang mampu membawa perubahan, memiliki karakter yang kuat, dan iman yang teguh. Setiap mahasiswa baru juga akan dibentuk untuk menjadi pemimpin yang transformatif dan bermoral, serta diajarkan untuk bertanggung jawab dalam menggunakan bakat dan anugerah dari Tuhan untuk melayani sesama.

Dr. (Hon.) Jonathan L. Parapak., M. Eng.,Sc selaku Rektor UPH mengatakan, selain untuk menyambut mahasiswa baru, UPH Festival juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa baru untuk mengenal berbagai aspek kehidupan kampus, seperti organisasi mahasiswa, program studi, dan fasilitas yang tersedia. Berbagai kegiatan dalam festival ini juga dirancang untuk membantu mahasiswa baru mengembangkan karakter dan soft skills mereka, seperti kepemimpinan, teamwork, dan kreativitas.

Rektor UPH juga menyampaikan bahwa UPH Festival selalu mengedepankan nilai-nilai Kristiani agar mahasiswa baru tidak hanya berkembang secara akademis dan profesional, tetapi juga secara spiritual. Melalui berbagai sesi ibadah, diskusi kelompok rohani, dan kegiatan pelayanan di UPH, mahasiswa baru dapat memperkuat iman dan menjadikan Kristus sebagai pusat dari setiap aspek kehidupan mereka. Hal ini juga merupakan bagian dari komitmen UPH untuk membentuk generasi pemimpin masa depan yang tidak hanya berkompeten, tetapi juga memiliki karakter yang kuat dalam iman kepada Kristus.

“UPH Festival juga bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai inti UPH kepada mahasiswa baru, seperti integritas, kasih, dan kebangsaan. Kami berharap, mahasiswa baru akan menjadi agen perubahan positif bagi masyarakat dan membawa manfaat bagi bangsa dan negara,” kata Rektor UPH.

Baca Juga: Geger Kasus Mahasiswi UPH, Simak 5 Cara Menghindari Kekerasan dalam Pacaran

Dr. Andry Panjaitan, S.T., M.T., CPHCM., selaku Associate Vice President of Student Development UPH menyatakan hal yang senada dengan Rektor UPH. Ia menekankan bahwa UPH Festival dirancang tidak hanya untuk mengenalkan kehidupan kampus kepada mahasiswa baru, tetapi juga untuk mendukung pertumbuhan kerohanian mereka. Ia menyatakan bahwa berbagai rangkaian kegiatan di UPH Festival dapat membantu mahasiswa baru untuk memperdalam iman mereka. Menurut Dr. Andry, melalui pendekatan holistik ini, mahasiswa baru dapat menjadi individu yang tidak hanya unggul secara akademis, tetapi juga memiliki kedewasaan spiritual yang kuat.

Terkait tema tahun ini, lanjut Dr. Andry, ada lima pesan yang ingin disampaikan kepada mahasiswa baru. Pertama, mendorong mahasiswa baru untuk terus belajar dan mengembangkan potensi diri di berbagai bidang, baik akademik maupun non-akademik serta memiliki semangat pantang menyerah dalam menghadapi tantangan proses belajar. Kedua, UPH mengharapkan mahasiswa baru untuk berpikir kritis dalam menganalisa informasi dan berpikir kreatif dalam mencari solusi inovatif untuk berbagai permasalahan.

Ketiga, UPH menekankan pentingnya kolaborasi dalam mencapai tujuan bersama. Dalam hal ini, mahasiswa baru didorong untuk bekerja sama dengan sesama mahasiswa, dosen, dan staf UPH untuk mencapai kesuksesan. Keempat, UPH ingin menumbuhkan pemimpin masa depan yang memiliki karakter yang kuat dan integritas yang tinggi. Terkait hal ini, UPH menyediakan berbagai pelatihan dan mentoring untuk membantu mahasiswa baru mengembangkan kemampuan kepemimpinan mereka. Kelima, UPH mendorong mahasiswa baru agar menggunakan pengetahuan dan keahlian mereka untuk membantu orang lain dan membuat perubahan positif di dunia, seperti melalui program magang, proyek penelitian, dan kegiatan sukarelawan.

Dr. Andry menambahkan, kegiatan UPH Festival ini juga selaras dengan kebijakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). PKKMB adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi di Indonesia untuk memperkenalkan mahasiswa baru pada kehidupan kampus. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membantu mahasiswa baru beradaptasi dengan lingkungan dan sistem pembelajaran di perguruan tinggi.

“UPH menanamkan tema "A Mind of Excellence" kepada mahasiswa baru ke dalam semua aspek, mulai dari dekorasi, materi acara, hingga pesan yang disampaikan para pembicara. Kami juga mengundang pembicara inspiratif yang dapat memotivasi mahasiswa baru untuk mencapai potensi terbaik mereka dan membuat perbedaan di dunia,” ucap Dr. Andry.

Baca Juga: Cerita Pilu Mahasiswi UPH Dianiaya Mantan Pacar: Dijedotin-Ditonjok Sampai Hidung Geser, Polisi Turun Tangan Selidiki

Apa saja yang menarik dari UPH Festival 2024? Mari kita lihat lebih dekat!

Seminar Distinguished Guest Speaker (DGS)

Selain adaptasi dengan lingkungan kampus, mahasiswa baru UPH akan mendapatkan motivasi dari tokoh-tokoh inspiratif melalui Seminar Distinguished Guest Speaker (DGS). Dengan topik “Hidup Berdampingan dengan Teknologi AI: Peluang dan Tantangan”, seminar ini akan menghadirkan CEO Lippo Group, Mochtar Riady; Direktur Information Technology PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk, Timothy Utama; dan Director at Emmerich Research Center, Eden Steven. Ketiganya akan berbagi perspektif terkait pengetahuan dasar-dasar AI dan aplikasinya, menginformasikan tentang keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan untuk sukses di tengah perkembangan teknologi AI, hingga mempersiapkan mahasiswa baru dalam menghadapi masa depan yang didominasi oleh teknologi AI.

College Talks

Mahasiswa baru juga akan mengikuti sesi College Talks yang dibagi ke dalam empat klaster berdasarkan rumpun ilmu, yaitu College of Business & Technology, College of Arts & Social Sciences, College of Health Sciences, dan College of Nursing & Education.

Dalam acara ini, akademisi hingga tokoh-tokoh ternama dari masing-masing rumpun ilmu akan membagikan pengalaman dan perkembangan terkini di industri tempat mereka bekerja; seperti Prof. Dr. Dr. dr. Eka J. Wahjoepramono, Sp.BS., Ph.D selaku Dekan Fakultas Kedokteran UPH, Dr. Jerry Sambuaga selaku Wakil Menteri Perdagangan Indonesia, hingga Anthony Cottan selaku Direktur di PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAP).

Tujuan sesi ini adalah memberikan pemahaman kepada mahasiswa baru tentang fakultas dan karier yang akan mereka kejar, sehingga mereka siap membawa transformasi bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Campus Life Experiences

Mahasiswa baru juga akan menikmati berbagai acara menarik hingga diperkenalkan dengan beragam Organisasi Kemahasiswaan (OK), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), dan Unit Layanan Mahasiswa (ULM). Beberapa kegiatan yang diselenggarakan antara lain Basketball Match, Faculty & Program Study Fellowship, Collaborative Workshops, Independence Day Games, Academic Showcase and Campur Tour, Campus Life Introduction, Parents Gathering, dan Bazar dengan berbagai tenant menarik.

Musical Performance

Selain sesi informatif, mahasiswa baru akan dihibur dengan penampilan musik dari Fakultas Ilmu Seni UPH atau Conservatory of Music (CoM). Penampilan ini mencakup tarian, musik, dan seni lainnya.

Founder’s 5K Run

Pada hari ketiga, Eagles Team dari Department of Sport & Wellness UPH mengajak mahasiswa baru untuk mengikuti Founder’s 5K Run bersama pimpinan dan seluruh civitas akademika. Filosofi 5K Run ini adalah untuk memotivasi mahasiswa dalam mencapai garis finish dan meneguhkan tekad mereka dalam menyelesaikan perkuliahan hingga wisuda.

Mentoring

Pada UPH Festival, mahasiswa baru akan diperkenalkan dengan para Mentor yang akan mendampingi mereka selama tahun pertama studi. Para mentor akan membantu mahasiswa baru beradaptasi dengan perkuliahan dan lingkungan kampus.

Closing Celebration

Kemegahan Closing Celebration akan menutup UPH Festival 2024 pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Acara ini akan menampilkan kolaborasi seni dan musik yang melibatkan mahasiswa dari Conservatory of Music (CoM) UPH, hingga penampilan dari penyanyi Jaz. Closing Celebration UPH Festival 2024 juga akan ditutup dengan kembang api yang melambangkan semangat mahasiswa baru untuk memulai perjalanan mereka di UPH.

UPH Festival 2024 menjadi landasan penting dalam perjalanan akademik para mahasiswa baru melalui rangkaian kegiatan yang bermanfaat. Melalui tema “A Mind of Excellence”, acara ini tidak hanya menyambut kedatangan para mahasiswa baru, tetapi juga membekali mereka dengan nilai-nilai kepemimpinan transformatif dan moral yang kokoh. UPH Festival 2024 bukan sekadar acara penyambutan, melainkan sebuah langkah awal yang penuh makna untuk membentuk generasi pemimpin masa depan yang berkarakter Ilahi dan siap membawa perubahan positif bagi masyarakat.

Editor: Fabiola Febrinastri

Tag:  #festival #2024 #dorong #mahasiswa #baru #gali #potensi #miliki #sikap #kepemimpinan

KOMENTAR