Perdana ke IKN, Wapres RI Langsung Pimpin Doa Bersama untuk Keselamatan Pemerintahan Baru 
Wakil Presiden RI (Wapres) KH. Ma'ruf Amin memimpin doa bersama saat tiba di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (11/8/2024). 
01:43
12 Agustus 2024

Perdana ke IKN, Wapres RI Langsung Pimpin Doa Bersama untuk Keselamatan Pemerintahan Baru 

Wakil Presiden RI (Wapres) KH. Ma'ruf Amin secara resmi menginjakkan kaki perdananya di Ibu Kota Nusantara (IKN) selama proses pembangunan IKN dilakukan beberapa bulan belakangan ini.

Wapres yang datang ke IKN didampingi oleh sang istri, Wury Ma'ruf Amin terlihat tiba di ibu kota baru tersebut pada, Minggu (11/8/2024) sekitar pukul 18.00 WITA di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Kehadiran Wapres ke IKN ini untuk menghadiri acara makan malam bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan seluruh menteri Kabinet Indonesia Maju.

Keesokan harinya, jajaran pimpinan Republik Indonesia tersebut akan menggelar Sidang Kabinet Paripurna Perdana di Istana Garuda IKN.

Setibanya di IKN, Wapres bersama jajaran yang mendampingi langsung menggelar doa bersama. Wapres lantas memimpin agenda doa bersama tersebut secara hikmad.

Secara garis besar, mantan pimpinan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu berharap keberkahan dan keselamatan bagi pemerintah yang akan menempati pusat pemerintahan baru.

Dia juga berharap terciptanya keselamatan dan kesejahteraan bagi bangsa Indonesia yang telah menorehkan kebaikan selama ini.

"Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa meridai segala pencapaian bangsa Indonesia, serta terus menganugerahkan keberkahan dan kemakmuran kepada seluruh rakyat Indonesia," bunyi doa Wapres.

Setelahnya, Wapres bersiap untuk melakukan agenda makan malam bersama Jokowi dan jajaran menteri di Plaza Seremoni KIPP IKN.

Dalam kunjungan ini, Wapres juga diagendakan melakukan sejumlah kegiatan kerja, termasuk melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking kawasan Istana Wakil Presiden di IKN.

Diberitakan, Seluruh Menteri Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin merapat ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (11/8/2024) malam.

Terpantau di lokasi, terlihat beberapa menteri dengan menumpangi mobil dinas masing-masing tiba beriringan ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di IKN.

Mereka yang terlihat hadir sejak pukul 16.00 WIB yakni,Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita.

Terlihat juga, ada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan seluruh menteri lainnya yang hadir secara bergantian.

Tak hanya itu, di sela masuknya mobil dinas para menteri, terlihat juga mobil dinas Wakil Presiden RI (Wapres) KH. Ma'ruf Amin dengan plat nomor merah bertuliskan 'Indonesia 2'.

Sebagai informasi, kehadiran para menteri hingga Wapres RI ini adalah untuk menghadiri acara makan malam atau dinner bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Mereka akan bertemu dan makan malam bersama Jokowi di Plaza Seremoni KIPP IKN. Hanya saja, pertemuan makan malam dengan Jokowi ini tidak dapat diliput oleh awak media.

Setelahnya, pada Senin (12/8/2024) besok, Presiden RI Joko Widodo akan memimpin sidang kabinet paripurna perdana di Istana Garuda IKN.

Demikian pernyataan itu disampaikan langsung oleh Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat tiba di Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Saya dan jajaran ATR/BPN akan berkegiatan tentunya secara khusus besok kita akan mengikuti sidang kabinet paripurna pertama yang dipimpin langsung oleh bapak presiden Jokowi menghadirkan seluruh anggota kabinet pertama kalinya di IKN," kata AHY saat ditemui di Bandara Balikpapan, Minggu siang.

Dirinya menyatakan, sidang kabinet perdana ini juga akan menjadi momen yang bersejarah.

Karena dalam momen ini, kabinet Presiden Jokowi-Ma'ruf Amin juga akan membahas soal pelaksanaan upacara bendera memperingati HUT RI ke-79 tahun di IKN.

"Jadi tentu ini akan menjadi moment yang penting dan bersejarah tentunya kita berharap persiapan-persiapan menuju peringatan hari Kemerdekaan kita 17 Agustus nanti juga bisa berjalan dengan baik progresnya baik dan bisa diselenggarakan dengan sukses dan monumental," ujar dia.

Editor: Eko Sutriyanto

Tag:  #perdana #wapres #langsung #pimpin #bersama #untuk #keselamatan #pemerintahan #baru

KOMENTAR