Cara Daftar Kuliah S2 di University of Pennsylvania Ala Erina Gudono, Lengkap Bocoran Biayanya
University of Pennsylvania (instagram/uofpenn) - Cara Daftar Kuliah S2 di University of Pennsylvania Ala Erina Gudono, Lengkap Bocoran Biayanya
21:48
31 Juli 2024

Cara Daftar Kuliah S2 di University of Pennsylvania Ala Erina Gudono, Lengkap Bocoran Biayanya

Istri Kaesang Pangarep, Erina Gudono diterima S2 program Magister of Science di Fakultas Social Policy and Practise (SP2) University of Pennsylvania, Amerika Serikat. Informasi ini mengundang penasaran netizen, bagaimana cara daftar kuliah S2 di University of Pennsylvania.

Erina Gudono mengungkap melalui Instagram storynya bahwa ia diterima di universitas tersebut. Erina mengaku berhasil mendapatkan beasiswa S2 di universitas tersebut. Pada saat itu, menantu Presiden Joko Widodo itu pun membuka kolom pertanyaan mengenai pendidikan kepada publik.

Netizen yang mengikuti story Ig Erina pun tampak mengiriman pertanyaan berupa berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa diterima di universitas top dunia tersebut. Netizen itu juga bertanya mengenai beasiswa.

Erina menjelaskan ia tetap mengeluarkan biaya untuk mendaftar di luar negeri. Ia mengeluarkan biaya untuk melakukan tes GMAT dan tes bahasa Inggris IELTS. Ia melakoni tes pada 2019 silam.

Baca Juga: Intip Biaya Erina Gudono Bisa Keterima di 4 Kampus Top Dunia: Cuma Modal 5 Kali UMR Jakarta, Begini Tipsnya!

Cara Daftar Kuliah S2 di University of Pennylvania

Erina Gudono menceritakan perjuangannya keterima S2 (Instagram/erinagudono)Erina Gudono menceritakan perjuangannya keterima S2 (Instagram/erinagudono)

Adik ipar dari Gibran Rakabuming Raka ini membagikan tips cara daftar kuliah S2 di universitas di luar negeri dan cara menghemat biayanya.

Erina menyarankan agar persiapan dilakukan jauh-jauh hari, lalu melaksanakan tes Bahasa Inggris sebisa mungkin sekali saja.

Erina mengatakan agar kita mendaftar di kampus dan jurusan yang benar-benar kita inginkan. Erina membagikan tabel pengeluarannya saat mendaftar S2 ke luar negeri.

Total biaya yang dikeluarkannya adalah Rp25 juta digunakan untuk mendaftar ke empat kampus ternama di Amerika Serikat.

Baca Juga: Adab Erina Gudono usai Keterima S2 di Stanford, Harvard, UPenn dan Columbia Bikin Geleng-geleng

Pengeluaran paling besar ialah untuk biaya les GMAT sebesar Rp 6-12 juta. Kemudian tes GMAT menelan biaya sebesar Rp3,5 juta. Biaya lain yang menelan cukup banyak ialah tes IELTS sebesar Rp 3 juta.

Selebihnya adalah biaya mendafar di empat kampus Amerika Serikat, masing-masing biaya sekitar Rp 1,5 juta sampai Rp 2 juta per kampus.

Erina Gudono menceritakan perjuangannya keterima S2 di Amerika Serikat (Instagram/erinagudono)Erina Gudono menceritakan perjuangannya keterima S2 di Amerika Serikat (Instagram/erinagudono)

Ringkasan Cara Daftar Kuliah S2 di University of Pennsylvania

Berdasarkan keterangan Erina Gudono dan dikutip dari hotcourses.co.id, berikut cara daftar kuliah S2 di University of Pennsylvania.

1. Kamu harus menentukan pilihan program studi terlebih dahulu.

Erina menyarankan agar fokus pada bidang studi yang benar-benar diinginkan dan cari universitas yang menyediakan program studi tersebut. Kemudian kamu bisa mendaftar di lebih dari satu kampus untuk berjaga-jaga jika kampus lain tidak menerima pendaftaran kamu.

2. Cek program studi yang kamu minati tersebut.

Lakukan riset spesifik agar persiapan lebih matang. Catat persyaratan masuknya, misalnya haruskah melampirkan kemampuan berbahasa Inggris, IELTS dan lain sebagainya atau tidak.

3. Pelajari biaya dan opsi beasiswa.

Seperti yang dilakukan Erina, ia menyiapkan biaya untuk melakukan tes IELTS dan lainnya sesuai persyaratan.

4. Ketahui estimasi biaya hidup dan kuliah.

Kita tidak bisa pergi ke luar negeri dengan dompet kosong. Kamu harus melakukan persiapan matang mengenai hal ini.

5. Cari info beasiswa penuh dan parsial.

Erina Gudono menginformasikan bahwa ia mendapatkan beasiswa parsial yang ditawarkan oleh University of Pennsylvania, sehingga ia tidak perlu membayar full biaya kuliah. Kamu pun juga bisa melakukan hal yang sama.

Kamu bisa mencoba mendaftar beasiswa dari pemerintah Indonesia seperti LPDP dan lainnya. Ada beragam beasiswa dari luar negeri yang juga bisa kamu coba di antaranya beasiswa Fullbright, Chevening, dan Erasmus Mundus.

6. Catat batas akhir pendaftaran

Jika kamu ingin mendapatkan beasiswa penuh, kamu perlu mecatata batas akhir pendaftaran kampus dan juga besiswa. Pastikan timing antara penerimaan beasiswa dengan penerimaan kampus tepat.

Sebagai pelengkap informasi, perlu kamu ketahui bahwa University of Pennsylvania didirikan tahun 1740. Kampus tersebut berlokasi di Philadelphia, Pennsylvania.

Universitas ini menawarkan berbagai program pendidikan antara lain Ilmu Komunikasi, Pendidikan, Sekolah Hukum, Seni & Sains, Kedokteran Gigi, Desain, Teknik dan Sains Terapan, Kedokteran, Keperawatan, Kebijakan dan Praktek, Kedokteran Hewan dan Sekolah Bisnis. Demikian itu cara daftar kuliah S2 di University of Pennsylvania.

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #cara #daftar #kuliah #university #pennsylvania #erina #gudono #lengkap #bocoran #biayanya

KOMENTAR