Perbandingan Istana Negara IKN vs Istana Bogor: Tempat Tinggal dan Kantor Jokowi Lebih Nyaman Mana?
Istana Negara di IKN. [Ist]
17:24
30 Juli 2024

Perbandingan Istana Negara IKN vs Istana Bogor: Tempat Tinggal dan Kantor Jokowi Lebih Nyaman Mana?

Sejak hari Minggu (28/7/2024) lalu, Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di Ibu Kota Nusantara (IKN). Di hari kedua, Senin (29/7/2024) Presiden Joko Widodo mengawali kegiatannya dengan meninjau langsung kawasan Istana Kepresidenan.

Kepala Negara yang didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno itu turut mengajak awak media untuk meninjau sejumlah ruangan yang ada di kawasan Istana Kepresidenan, termasuk Kantor Presiden. 

Sebagaimana dilansir dari laman Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, Presiden Joko Widodo menjelaskan bahwa saat ini progres perkembangan pembangunan IKN masih berjalan dengan baik.

Menurutnya, saat ini masih terdapat ribuan orang yang sedang melakukan pekerjaan pembangunan IKN. Oleh karena itu, Presiden tidak ingin jika kehadirannya mengganggu progres pembangunan yang sedang berjalan.

Baca Juga: Stafsus Presiden Jelaskan Maksud Jokowi Ajak Raffi Ahmad Cs ke IKN

Namun, meski pembangunan masih berjalan, Presiden juga mengatakan bahwa ia akan mulai bekerja di Kantor Presiden kawasan IKN. Mulai dari menerima tamu hingga menggelar berbagai rapat.

Ternyata hal ini menjadi pusat perhatian bagi sejumlah pihak. Banyak yang penasaran dan ingin tahu, kira-kira seperti apa perbandingan Istana Negara di IKN dengan Istana Bogor?

Perbandingan Istana Negara di IKN vs Istana Bogor 

Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas dengan pembahasan IKN Nusantara di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (3/6/2022). [Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden]Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas dengan pembahasan IKN Nusantara di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (3/6/2022). [Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden]

Presiden Joko Widodo telah memberi nama untuk gedung Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) Penajam Paser Utara (PPU) Istana Garuda, sedangkan Istana Kepresidenan IKN sebagai Istana Negara.

Hal ini disampaikan oleh Plt Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuldjono usai menghadiri rapat internal bersama dengan Presiden Jokowi di Istana Garuda IKN.

Baca Juga: Tanpa Rel, Trem Canggih Asal China Siap Meluncur di IKN Agustus Ini

Istana Negara IKN adalah berupa bangunan megah, di mana bangunan inilah yang menjadi kediaman resmi Presiden Indonesia. Bangunan ini terletak di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Sementara itu, Istana Garuda berada tepat di belakang Istana Negara pada dataran lahan yang lebih tinggi, di mana bangunan tersebut menjadi tempat untuk Presiden berkantor.

Basuki yang juga menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga sempat menyebutkan bahwa nama istana bagi fasilitas kegiatan Presiden itu sebagai official yang bisa dikenal masyarakat.

Sementara itu, Istana Kepresidenan Bogor terletak di Jalan Ir H Juanda Nomor 1, Kelurahan Paledang, Kecamatan Kota Bogor Tengah, Kota Bogor, Propinsi Jawa Barat.

Pada masa penjajahan Belanda, Istana Bogor ini fungsi utamanya adalah sebagai tempat peristirahatan. Lalu setelah masa kemerdekaan, fungsi istana berubah menjadi kantor urusan kepresidenan serta menjadi kediaman resmi Presiden Republik Indonesia.

Istana Kepresidenan Bogor ini memiliki 37 bangunan. Sejak bulan Mei 2015 lalu, Presiden Joko Widodo bersama dengan keluarga menempati Istana Bogor, tepatnya di Pavilion Dyah Bayurini.

Kekinian, Presiden Jokowi mulai berkantor di IKN tepatnya di Istana Negara dan Istana Garuda. Ia mulai tinggal di sana pada 29 Juli 2024.

Menariknya, kala ditanya wartawan, Jokowi mengaku tidurnya tidak nyenyak ketika pertama kalia berkantor dan tinggal di IKN.  

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #perbandingan #istana #negara #istana #bogor #tempat #tinggal #kantor #jokowi #lebih #nyaman #mana

KOMENTAR