Cerita Megawati Amat Kehilangan Sosok Hamzah Haz: Beliau Sahabat Sejati
Hamzah Haz. [Dok.Istimewa]
17:44
24 Juli 2024

Cerita Megawati Amat Kehilangan Sosok Hamzah Haz: Beliau Sahabat Sejati

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan jika ketua umumnya Megawati Soekarnoputri sangat bersedih dan amat kehilangan atas meninggalnya Hamzah Haz.

Diketahui Megawati dan Hamzah Haz pernah menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

"Ketika saya melapor ke Ibu Mega, beliau sangat berduka dan bersedih kehilangan sahabat sejatinya yang bersama-sama ketika itu menangani krisis multidimensi," kata Hasto kepada wartawan, Rabu (24/7/2024).

Hasto menyampaikan, Megawati sempat bercerita jika dengan Hamzah Haz dirinya sangat bersahabat baik. Terlebih ketika menjabat kala itu mampu menyelesaikan masalah multidimensi.

Baca Juga: Kata Dokter Usai Hamzah Haz Sempat Alami Gangguan Fungsi Organ Sebelum Meninggal Dunia

"Ibu Mega mengatakan, Pak Hamzah Haz apapun kita berdua oleh MPR telah ditetapkan sebagai presiden dan bapak sebagai wapres. Meskipun partai kita berbeda karena itulah saya teringat pesan dari bapak saya, maksudnya Bung Karno, kalau di antara kita salah satu batuk, maka rakyat ikut batuk," kata Hasto menirukan cerita Megawati soal mendiang Hamzah Haz.

"Karena itu, kalau saya mau mengambil keputusan, kalau sekiranya Pak Hamzah Haz tidak setuju, saya dikasih kode. Kodenya apa? Disepakati menjawil tangan ibu. Maka dalam beberapa kesempatan ketika ibu mau ambil keputusan kalau ada kode dari Pak Hamzah Haz tersebut, maka rapat diskors dan kedua pemimpin berbicara," sambungnya.

Hubungan baik Megawati juga ditunjukan, kala Hamzah Haz mengalami sakit namun tak mendapatkan perawatan baik dari negara.

"Hubungan persahabatan di antara mereka juga terjalin sangat baik. Contoh, ibu prihatin ketika seorang wapres periode sekian begitu tidak menjabat, saat itu kesehatannya tidak diurus negara. Maka ibu memerintahkan kepada Mbak Ribka Tjiptaning untuk mengurus kesehatan buat Pak Hamzah Haz supaya mendapatkan pelayanan platinum, apapun beliau ini sama-sama berjuang," ujarnya.

Lebih lanjut, Hasto menyampaikan, jika Megawati turut mendoakan kepergian sahabatnya tersebut.

Baca Juga: Profil Hamzah Haz: Rebut Kursi Wapres RI Usai Tumbangkan SBY dan Akbar Tanjung, Wartawan yang Berjuang di Politik

"Maka juga di Rakernas PDIP, beliau juga selalu diundang oleh Ibu dan Pak Hamzah Haz selalu hadir. Itu melambangkan persahabatan yang sangat erat antara ibu dan Pak Hamzah Haz," katanya.

"Karena itu, ibu berdoa untuk Pak Hamzah Has dan sangat merasa kehilangan. Jadi ibu sangat hormat sebagai sahabat sejatinya. Semoga dilancarkan jalannya. PDI Perjuangan ikut berduka cita dan memberikan penghormatan terbaik untuk beliau," imbuhnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden RI ke-9, Hamzah Haz meninggal dunia hari ini, Rabu (24/7/2024). Hamzah mengembuskan nafas terakhirnya di usia 84 tahun.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Sekjen PPP Arwani Thomafi saat dikonfirmasi langsung Suara.com.

"Innalillahi wa inna ilaihi Rojiun, Benar, telah wafat Bapak Dr Hamzah Haz," kata Arwani kepada Suara.com, Rabu.

Menurutnya, Hamzah mengembuskan nafas terakhirnya pukul 09.30 WIB tadi. Almarhum pun disebutnya akan dimakamkan di Kawasan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Pagi ini jam 09.30 di kediaman Tegalan. Jenazah akan dimakamkan di komplek pemakaman keluarga di Cisarua Bogor siang nanti setelah solat duhur," katanya.

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #cerita #megawati #amat #kehilangan #sosok #hamzah #beliau #sahabat #sejati

KOMENTAR