Jejak Keturunan Rhoma Irama, Dari Garis Ayah dan Ibu Punya Riwayat Bangsawan hingga ke Nabi Muhammad SAW
Pedangdut kawakan, Rhoma Irama. (Instagram/@rhoma_official)
22:04
10 Juli 2024

Jejak Keturunan Rhoma Irama, Dari Garis Ayah dan Ibu Punya Riwayat Bangsawan hingga ke Nabi Muhammad SAW

Sosok pedangdut senior Rhoma Irama baru-baru ini mencuri perhatian setelah meragukan soal garis keturunan Habib Bahar bin Smith.

Meski begitu, siapa kira, baik Habib Bahar bin Smith maupun Rhoma Irama memiliki garis keturunan yang mentereng hingga keduanya ternyata punya nasab hingga ke Nabi Muhammad SAW.

Rhoma Irama, yang kerap dijuluki sebagai si raja dangdut saat di panggung, ternyata dalam realitasnya, memang memiliki silsilah kaum elite yang berlatar bangsawan.

Bila ditarik dari nasab sang ibu yakni Tuti Juariah, diketahui ibu dari Rhoma Irama itu disebut masih memiliki keturunan dengan Pangeran Sogiri.

Baca Juga: Tak Hanya Habib Bahar bin Smith, 4 Figur Ini Juga Pernah Berseteru dengan Rhoma Irama

Dalam silsilah Kesultanan Banten, Pangeran Sogiri atau yang dikenal dengan Pangeran Sageri merupakan putra dari Sultan Ageng Tirtayasa atau Sultan Abul Fath Abdul Fatah.

Dikutip dari gramedia.com, Sultan Ageng Tirtayasa merupakan Sultan Banten keenam yang naik tahta pada usia 20 tahun. Ia menggantikan kakeknya Sultan Abdul Mafakhir yang wafat pada 10 Maret 1651.

Bila dirunut lagi lebih jauh, ibunda dari Rhoma Irama masih memiliki keterikatan dengan Pangeran Jayakarta. Hal ini lantaran kakek buyutnya yakni Sultan Ageng Tirtayasa, ibundanya yang bernama Ratu Marta Kusuma merupakan putri dari Pangeran Jayakarta I.

Sementara itu bila ditarik dari garis silsilah ayahnya seperti dikutip dari ahmad.web.id, Rhoma Irama merupakan putra dari Raden Burdah Anggawirya, sosok pahlawan asal Tasikmalaya.

Ayahnya dikenal dengan sebutan Kapten Burdah yang di masa perang kemerdekaan menjabat sebagai komandan gerilyawan Garuda Putih Tasikmalaya.

Baca Juga: Momen Berendam di Jacuzzi Sempat Viral, Kini Bahar bin Smith Berseteru dengan Rhoma Irama

Sesuai namanya yang disematkan Raden di depannya, ayah Rhoma Irama merupakan keturunan bangsawan yang dikenal dengan nama Sukapura.

Bila menilik sejarah, Sukapura erat kaitannya dengan sosok Raden Wangsadikusuma.

Raden Wangsadikusuma diketahui merupakan putera kelima dari Raden Wirawangsa yang hidup sekira tahun 1700-1800 masehi.

Kerajaan Sukapura sendiri terbentuk di awal abad ke-17. Kerajaan ini nama sebelumnya adalah kerajaan Sukakerta, kerajaan kecil yang sempat dikuasai kerajaan Mataram di bawah kepemimpinan Sultan Agung.

Lebih jauh, bila menilik silsilah buyut Rhoma Irama yang berasal dari keturunan kerajaan Sukapura, kaum bangsawan Sukapura ini diyakini berasal dari dua keturunan yakni Tumenggung Wiradadaha atau Wirawangsa dan Raden Suryadiwangsa atau Suryadiningrat I.

Bila dirunut dari trah Wirawangsa, Rhoma Irama masih memiliki nasab dengan Pangeran Benawa, Jaka Tingkir hingga Ki Ageng Pengging.

Lalu apabila ditarik garis yang lain, Rhoma Irama disebut masih berkaitan dengan Panembahan Senopati, Mataram hingga bermuara kepada Nabi Muhammad SAW.

Meski begitu mengenai hal ini, Rhoma Irama tak pernah mengklaimnya.

Editor: Galih Priatmojo

Tag:  #jejak #keturunan #rhoma #irama #dari #garis #ayah #punya #riwayat #bangsawan #hingga #nabi #muhammad

KOMENTAR