Klaim Air dan Listrik Masuk Medio Juli, Menteri Basuki soal Jokowi Kapan Pindah ke IKN: Tanya Beliau, Masak Saya!
Potret kebersamaan Jokowi dan Basuki. [Ist]
19:52
10 Juli 2024

Klaim Air dan Listrik Masuk Medio Juli, Menteri Basuki soal Jokowi Kapan Pindah ke IKN: Tanya Beliau, Masak Saya!

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan bahwa Presiden Jokowi tidak pernah mengatakan batal berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Juli 2024. Basuki menegaskan kepala negara hanya mempertanyakan kesiapan air dan listrik.

"Cuma bilang sudah belum. Sudah? Belum? Sudah? Belum? Gitu aja kan," kata Basuki di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (10/7/2024).

Basuki menegaskan bahwa saat ini terhitung masih awal bulan Juli. Sedangkan bulan ini masih ada sisa waktu 20 hari ke depan. Ia juga menekankan bahwa pernyataannya air sudah siap untuk pertengahan Juli, bukan awal.

"Dulu saya bilang pertengahan Juli air akan masuk. Listrik sudah masuk," kata Basuki.

Baca Juga: Begini Skema dan Tahapan Lengkap Pindahan ASN ke IKN Hingga 2045

Kekinian Basuki menyampaikan akan kembali berkunjung ke IKN selepas mendampingi kegiatan Presiden Jokowi kunjungan kerja ke Abu Dhabi pada 15 Juli dan pulang 17 Juli. Basuki ke IKN pada keesokan harinya.

"Tanggal 18 sana saya memastikan bahwa air insyaallah sudah oke," kata Basuki.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat ditemui di Istana Merdeka, Jakarta. (Suara.com/Novian)Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat ditemui di Istana Merdeka, Jakarta. (Suara.com/Novian)

Meski begitu, Basuki enggan memastikan kapan presiden akan berkantor di IKN. Menurutnya hal tersebut bergantung terhadap keputusan Jokowi.

"Tanya beliau dong, masak nanya saya," kata Basuki.

Presiden Tanya Kesiapan Air dan Listrik

Baca Juga: Jejak Kotor Jokowi di Ujung Masa Jabatan

Presiden Jokowi direncanakan berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Juli 2024. Kekinian, kepala negara masih menunggu fasilitas pendukung, seperti air dan listrik.

Hal itu disampaikan Jokowi menanggapi pertanyaan progres terkait rencana dirinya berkantor di IKN pada bulan ini. Jokowi menegaskan bila fasilitas air dan listrik tersedia, dirinya siap berkantor di IKN.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat ditemui di Istana Merdeka, Jakarta. (Suara.com/Novian)Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat ditemui di Istana Merdeka, Jakarta. (Suara.com/Novian)

"Airnya sudah siap belum? Listriknya sudah siap belum? Tempatnya sudah siap belum? Kalau siap pindah," kata Jokowi di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Senin (8/7/2024).

Sementara itu ditanya apakah sudah ada laporan dari Kementerian PUPR terkait progres fasilitas tersebut, Jokowi memastikan laporan sudah ada, tetapi air dan listriknya belum.

"Sudah tapi belum. Sudah tapi belum," ujar Jokowi.

Soal Pasokan Air IKN

Sebelumnya, Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) Kementerian PUPR, Danis Sumadilaga memastikan progres pembangunan Istana dan kantorpresiden sudah mencapai 80 persen lebih.

Ia berujar fasilitas air juga akan masuk pada Juli 2024.

"Secara rata-rata kantor dan Istana Presiden sudah lebih 80 persen. Mid Juli insyaallah air masuk," kata Danis dihubungi Selasa (25/6/2024).

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #klaim #listrik #masuk #medio #juli #menteri #basuki #soal #jokowi #kapan #pindah #tanya #beliau #masak #saya

KOMENTAR