Ir Budi Gunadi Sadikin S.Si, CHFC, CLU
Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin hadir di Universtitas Pelita Harapan (UPH) untuk memberi kuliah umum saat UPH Fest. [Yandi Sofyan/Suara.com]
17:48
2 Juli 2024

Ir Budi Gunadi Sadikin S.Si, CHFC, CLU

Nama Budi Gunadi Sadikin mengejutkan publik, kala Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuknya sebagai menteri kesehatan.

Budi Gunadi menggantikan menteri kesehatan sebelumnya, Terawan Agus Putranto.

Latar belakang Budi Gunadi yang seorang bankir sempat dipertanyakan tatkala ditunjuk sebagai menteri kesehatan. Namun, dia tetap dipercaya oleh Presiden Jokowi hingga sekarang.

Berikut ini profil Budi Gunadi Sadikin dikutip dari sejumlah sumber.

Baca Juga: Bertajuk The Dream Reborn, DPR Gelar Konser di Jakarta pada 14 Desember

Profil Budi Gunadi Sadikin

Dia lahir di Bandung pada 8 Juli 1964. Tidak begitu banyak data mengenai masa kecil hingga remaja Budi Gunadi.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, Budi Gunadi merupakan lulusan Fisika Nuklir di Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1988. Dia tercatat pernah menempuh pendidikan di jurusan yang sama di Universitas Washington.

Budi Gunadi ternyata juga memiliki sertifikasi sebagai Chartered Financial Consultant (ChFC) dan Chartered Life Underwriter (CLU) dari Singapore Insurance Institute pada tahun 2004.

Sertifikat ChFC ini menandakan orang tersebut memahami masalah keuangan dan memiliki kemampuan untuk memberikan nasihat yang baik. Sedangkan CLU diberikan untuk orang yang memiliki spesifikasi asuransi jiwa dan perencanaan harta benda.

Baca Juga: Siapa Guru Gembul? Sosok Jafar Rohadi Tegas Sebut Habib Bahas bin Smith Ulama Gadungan

Karier Budi Gunadi Sadikin

Berbagai bidang pekerjaan pernah dijajal Budi Gunadi. Dia pernah menjadi Staf Teknologi Informasi di IBM Asia Pasifik, di Tokyo (1988–1994).

Dia juga sempat menjabat General Manager Electronic Banking, Chief GM Jakarta, hingga Chief GM HR PT Bank Bali Tbk (1994–1999). Budi kemudian melanjutkan kariernya di ABN Amro Bank Indonesia & Malaysia sebagai Senior VP Consumer dan Commercial Banking (1999–2004).

Sejak saat itu, karier Budi Gunadi di dunia perbankan kian moncer. Dia pernah menjabat Executive VP Consumer Banking Bank Danamon (2004–2006), Direktur Micro and Retail Banking Bank Mandiri (2006–2013), Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (2013–2016), Staf Khusus Menteri BUMN (2016–2017), dan Wakil Menteri BUMN (2019-2020).

Karier di Pemerintahan

Lama malang melintang di dunia perbankan, Budi ditunjuk untuk bekerja di Kementerian BUMN. Dia pernah menjadi Staf Khusus Menteri BUMN (2016–2017).

Kemudian ditunjuk sebagai Wakil Menteri BUMN (2019-2020), sebelum akhirnya dilantik menjadi Menteri Kesehatan.

Editor: Baehaqi Almutoif

Tag:  #budi #gunadi #sadikin #chfc

KOMENTAR