Melalui Electric Karting Race 2024 PUPR Tunjukkan Teknologi Pembangunan Jalan
Sirkuit Electric Vehicle (EV) PUPR. (Dok: PUPR)
13:16
28 Juni 2024

Melalui Electric Karting Race 2024 PUPR Tunjukkan Teknologi Pembangunan Jalan

Direktur Bina Jalan dan Jembatan Kementerian PUPR , Yudha Handita Panjiriawan, mengatakan kegiatan balap gokart listrik Electric Karting Race 2024 menjadi salah satu bentuk dukungan terhadap percepatan penggunaan kendaraan listrik.

Seperti diketahui, Event balap gokart listrik ini merupakan hasil kerja sama Kementerian PUPR dengan IMI (Ikatan Motor Indonesia), PT PLN Persero, dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Selain itu, balapan yang akan digelar di Bandung 3 - 4 Agustus 2024 dan Ibu Kota Nusantara (IKN) 30 November - 1 Desember 2024, memperebutkan hadiah total uang ratusan juta rupiah serta Piala Menteri PUPR.

"Bapak Presiden sudah mengeluarkan Impres nomor 7 tahu 2022 dan peraturan Presiden nomor 79 tahun 2023 untuk mendukung percepatan penggunaan kendaraan listrik," katanya saat kick off Electric Karting Race 2024 di Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Kota Bandung, Kamis (27/6/2024).

Baca Juga: Banjir Kritikan! Klaim 45 Investor di IKN, Wamen ATR/BPN Malah Ditantang Bukti

"Kegiatan Electric Karting Race ini merupakan kontribusi nyata terhadap progam nasional mengenai penggunaan kendaraan listrik, sekaligus mempopulerkan olahraga Karting Electric di dalam mobil ini, Kegiatan digelar di Bandung dan di IKN, " jelasnya.

Electric Karting Race 2024 di Bandung akan digelar di dua lokasi, yakni Sirkuit Electric Vehicle (EV) PUPR, Direktorat Bina Teknik Jalan dan Jembatan, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Kota Bandung dan Kantor Kementerian PUPR di IKN.

Pada event Electric Karting Race 2024 pihaknya ingin menunjukkan teknologi jalan, pasalnya Sirkuit Electric Vehicle (EV) PUPR menggunakan beberapa teknologi pembangunan jalan.

"Sirkuit ini dibangun dengan menggunakan sembilan macam teknologi jalan, hasil inovasi yaitu di situ ada jalan aspal karet, menggunakan aspal plastik dan yang lainnya. Jadi di sirkuit ini menunjukan teknologi, menggunakan bermacam-macam kekerasan aspal," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Electric Karting Race 2024, Yudi Herdiana mengatakan panjang lintasan untuk balap gokart listrik satu-satunya di Indonesia ini bertambah, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Baca Juga: Airlangga Bicara Kemenko Perekonomian Berkantor Di IKN: Pindah Kalau Lokasi Sudah Siap

"Seperti diketahui bahwa di sini sirkuitnya kami bertahap membangun 2022 ini panjang sirkuit gak lebih dari 700, lalu kami melakukan perbaikan dan masukan pendamping dari IMI kemarin 2023 kami memperpanjang jadi 970," ucapnya.

"Dan tahun ini Alhamdulillah kami bisa mengikuti regulasi dari IMI terkait dengan Karting hingga kami membangun trek hingga saat ini Insya Allah yang akan kita gunakan nanti 1350 meter, dengan lebar lintasan 7 sampai 14 meter, ini totalnya di sirkuit, sirkuit ini memiliki 14 tikungan ini menjadi sesuatu yang bisa dinikmati pembalap," tegasnya.

Editor: Fabiola Febrinastri

Tag:  #melalui #electric #karting #race #2024 #pupr #tunjukkan #teknologi #pembangunan #jalan

KOMENTAR