Juli Pindah Markas ke IKN, Istana Ungkap Agenda Jokowi di Akhir Jabatan Presiden
Juli Pindah Markas ke IKN, Istana Ungkap Agenda Jokowi di Akhir Jabatan Presiden. [Antara]
16:20
25 Juni 2024

Juli Pindah Markas ke IKN, Istana Ungkap Agenda Jokowi di Akhir Jabatan Presiden

Staf Khusus atau Stafsus Presiden, Grace Natalie mengungkap soal rencana Presiden Jokowi berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN). Ia menyebut kepala negara bisa berkantor di IKN pada akhir Juli 2024.

Diketahui, progres pembangunan Istana dan kantor presiden di IKN kini mencapai lebih dari 80 persen.

"Insyaallah sesuai dengan rencana, akhir Juli mulai bisa berkantor," kata Grace kepada , Selasa (25/6/2024).

Namun, soal lokasi berkantor Jokowi apakah menetap atau berpindah-pindah antara Istana di IKN dan Istana di Jakarta, Grace memastikan presiden tetap berkegiatan di luar Istana.

Baca Juga: Fasilitas Air Tersedia Juli, Begini Progres Pembangunan Istana dan Kantor Presiden di IKN

 Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers di sela-sela peninjauan tanggul laut di Tambaklorok, Semarang, Jawa Tengah, pada Senin (17/6/2024). (ANTARA/Yogi Rachman)Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers di sela-sela peninjauan tanggul laut di Tambaklorok, Semarang, Jawa Tengah, pada Senin (17/6/2024). (ANTARA/Yogi Rachman)

Menurutnya, Jokowi merupakan sosok kepala negara yang doyan blusukan. Oleh karena itu, Grace menganggap ruang kerja Jokowi bukan sekadar di Istana.

"Pak Presiden itu kantor utamanya dari dulu sejak zaman wali kota kan di jalanan, blusukan, ketemu masyarakat," kata Grace.

"Jadi beliau pasti akan terus keliling ke seluruh penjuru Nusantara sampai dengan 20 Oktober 2024, dengan basecamp-nya IKN," sambung Grace.

Progres Istana di IKN

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) Kementerian PUPR, Danis Sumadilaga memastikan progres pembangunan Istana dan kantor presiden sudah mencapai 80 persen lebih.

Baca Juga: Surya Paloh Sering Ketemu Jokowi Lagi, Willy NasDem: Tunjukkan Moral Pak SP Dalam Berteman

Ia berujar fasilitas air juga akan masuk pada Juli 2024.

"Secara rata-rata kantor dan Istana Presiden sudah lebih 80 persen. Juli Insyaallah air masuk," kata Danis dihubungi , Selasa.

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi bakal berkantor di IKN. Kekinian kepala negara hanya menunggu fasilitas air yang direncanakan tersedia pada Juli tahun ini.

Ilustrasi lapangan upacara di IKN. [Ist]Ilustrasi lapangan upacara di IKN. [Ist]

Menanggapi pertanyaan tersebut, Danis menyampaikan Istana dan kantor presiden di IKN sudah siap pada Juli tahun ini.

"Ya Insyaallah Istana dan kantor presiden siap pada bulan Juli," kata Danis.

Jokowi sebelumnya mengaku optimistis bisa berkantor di IKN pada pertangahan tahun ini. Hanya saja dirinya masih memastikan adanya fasilitas air bersih terlebih dahulu.

Jokowi menyampaikan progres pembangunan tahap I di IKN sudah mencapai 80-an persen.

"Sangat optimis untuk kantornya. Ini masih nunggu satu, air. Airnya Juli. Juli," kata Jokowi di IKN, Kalimantan Timur, Rabu (5/6/2024).

"Airnya juga kemarin sudah kita resmikan Bendungan Sepaku. Tinggal ini menunggu pompa untul menaikkan airkemudian dialirkan ke bangunan, ke rumah-rumah yang ada di Ibu Kota Nusantara," sambung Jokowi.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #juli #pindah #markas #istana #ungkap #agenda #jokowi #akhir #jabatan #presiden

KOMENTAR