Pemerintah Indonesia Kirim Bantuan ke Palestina Lewat Laut, Menhan: Ini Tugas Kemanusiaan
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melepas bantuan kemanusiaan untuk Palestina di dermaga Pangkalan Angkatan Laut di Jakarta Utara, Kamis (18/1/2024). 
10:36
18 Januari 2024

Pemerintah Indonesia Kirim Bantuan ke Palestina Lewat Laut, Menhan: Ini Tugas Kemanusiaan

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan resmi melepas bantuan kemanusiaan untuk Palestina lewat jalur laut.

Bantuan tersebut seberat 242 ton dikirimkan melalui Kapal KRI RJW-992 di dermaga Pangkalan Angkatan Laut di Jakarta Utara, Kamis (18/1/2024) pagi.

Dalam pidatonya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengungkapkan kepada prajurit yang akan berangkat ke Mesir untuk menyalurkan bantuan ke Palestina.

Bahwa tugas tersebut merupakan tugas kemanusiaan.

"Hari ini atas nama pemerintah dan juga saya menyampaikan salam dari Presiden Republik Indonesia, Presiden Jokowi. Pada hari ini saudara akan berangkat melaksanakan tugas kemanusiaan yaitu menyampaikan bantuan untuk saudara kita di Palestina di Gaza yang mengalami musibah besar, penderitaan besar," kata Menhan Prabowo dalam pidatonya.

Menhan Prabowo mengungkapkan atas nama pemerintah dirinya menyampaikan ucapan selamat bertugas untuk Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL).

"Saudara akan melewati kawasan laut berbahaya yang saat ini sedang berkecamuk perang," sambungnya.

Ia menegaskan bahwa Indonesia bukan negara yang terlibat perang. Tetapi memiliki solidaritas dan tanggung jawab kemanusiaan dengan warga Palestina.

"Untuk itu saudara harus waspada, harus kompak. Saya yakin dan percaya komandan satgas dan kapal akan memimpin dengan sebaik-baiknya," kata Prabowo.

Tak hanya itu ia juga percaya dengan pelatihan dan kedisplinan yang telah terlatih.

Para prajurit TNI AL akan mampu melaksanakan tugas dengan berhasil.

"Selamat bertugas, ingat saudara mewakili seluruh bangsa Indonesia. Jaga kehormatan bangsa Indonesia. Jaga kehormatan TNI. Jaga kehormatan Angkatan Laut yang kita banggakan dan dicintai oleh seluruh rakyat Indonesia," tutupnya.

Editor: Hasanudin Aco

Tag:  #pemerintah #indonesia #kirim #bantuan #palestina #lewat #laut #menhan #tugas #kemanusiaan

KOMENTAR