Menkes Budi Cek Puskesmas Lokasi Starlink Sebelum Diresmikan Jokowi dan Elon Musk
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin saat meninjau lokasi peresmian Starlink yang berlokasi di Kantor Puskesmas Pembantu Sumerta Kelod, Jalan Muh Yamin VIII, Kota Denpasar Bali. (Istimewa)
14:24
19 Mei 2024

Menkes Budi Cek Puskesmas Lokasi Starlink Sebelum Diresmikan Jokowi dan Elon Musk

  - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meninjau lokasi peresmian Starlink yang berlokasi di Kantor Puskesmas Pembantu Sumerta Kelod, Jalan Muh Yamin VIII, Kota Denpasar Bali.   Rencananya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan CEO SpaceX sekaligus Tesla Inc, Elon Musk akan meresmikan layanan internet berbasis satelit, Starlink pada Minggu sore ini sekitar pukul 16.30 WITA atau pukul 15.30 WIB.   “Tugas saya di sini mengecek apakah sudah rapi tempatnya, saya bilang super rapi. saya jarang lihat Puskesmas pembantu rapi seperti ini," kata Budi Gunadi kepada media di Pustu Sumerta Kelod, Minggu (19/5).  

  Budi juga menjelaskan, dengan adanya Starlink diharapkan bisa mempermudah Puskesmas yang ada di pelosok untuk bisa menikmati layanan akses internet.   “Dengan adanya starlink, 10 ribu puskesmas yang tadinya 2.700-an susah mendapatkan akses internet dan 7000-an tidak memiliki akses internet karena ini kan tersebar di 7.000 pulau di indonesia, ini akan bisa mendapatkan akses internet,” ujarnya.   “Sehingga layanannya tidak akan berbeda dengan puskesmas atau puskesmas pembantu ataupun posyandu yang ada di perkotaan,” sambungnya.   Sehingga ke depan, kata Menkes Budi, masyarakat makin bisa lebih mudah mengakses beragam layanan di tengah minimnya jumlah dokter di tanah air. Salah satunya, dengan memanfaatkan konsultasi jarak jauh atau telekonsultasi dokter spesialis.  

  “Karena banyak layanan, misalnya saja seperti telemedicine, telekonsultasi, kan di daerah Maluku itu tidak ada dokternya. Dokter kita kan kurang sekali. Dengan adanya internet connection ini bisa dilakukan telemedicine kan. Konsultasi ke dokter spesialis saya bayangkan kalo di daerah NTT, di pulau-pulau dan daerah-daerah susah, ahlinya kan ada di Bali semua nih dokter-dokter hebatnya kan lewat internet bisa melakukan telemedicine,” ujar Menkes Budi.   “Sehingga pasien pasien diabetes, yang kena ginjal, yang kena penyakit dalam yang tadinya harus diterbangkan ke bali untuk dirawat, nanti bisa mendapat konsultasi di dokter dokter baik yang ada sekarang,” pungkasnya.  

  Untuk diketahui, daerah terpencil yang akan diprioritaskan antara lain Maluku, Kepulauan Aru, di Bali sendiri ada Pulau Nusa Penida, Kabupaten Klungkung yang jadi prioritas Starlink.   Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjemput CEO SpaceX sekaligus Tesla Inc, Elon Musk di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, hari ini, Minggu (19/5). Luhut menyebut, akhirnya RI kedatangan Elon Musk untuk memenuhi undangan pada perhelatan World Water Forum ke-10. Setelah 2022 lalu absen di gelaran KTT G20.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #menkes #budi #puskesmas #lokasi #starlink #sebelum #diresmikan #jokowi #elon #musk

KOMENTAR