Bisa Bikin Curiga Petugas Bandara, Calon Jemaah Haji Jangan Melakban Barang Bawaan di Dalam Koper
Ilustrasi Jemaah Haji Indonesi. [MCH 2024]
18:40
14 Mei 2024

Bisa Bikin Curiga Petugas Bandara, Calon Jemaah Haji Jangan Melakban Barang Bawaan di Dalam Koper

Ribuan Jemaah Haji asal Indonesia terus berdatangan dan tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Kota Madinah, saat hari kedua atau Selasa (14/5/2024).

Begitu berbagai imbauan terus disampaikan kepada jemaah terutama mengenai barang bawaan.

Selain adanya larangan membawa barang bawaan yang berlebihan, Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara, Abdillah MT meminta kepada jemaah haji untuk memerhatikan imbauan, terutama mengenai barang bawaan yang dilapisi lakban dan diletakkan di dalam koper.

"Terkait dengan barang bawaan barang bawaan jemaah ini, ada jamaah yang memasukkan barang bawaannya ke dalam plastik kemudian diikat dengan lakban ya," katanya di Bandara AMAA, Selasa (14/5/2024). 

Ia mengemukakan, bila barang yang dilapisi lakban tersebut melalui pemindain X-Ray di Arab Saudi, bakal menimbulkan kecurigaan dari petugas imigrasi di bandara.

"Petugas yang menganggap itu barang mencurigakan, akhirnya koper tersebut dibongkar ya. Iya karena lakban tadi ya karena lakban," ujarnya.

Dampaknya, proses menuju hotel atau penginapan akan terhambat dan tentunya akan merugikan waktu jemaah.

"Oleh karena itu, kami mengimbau juga kepada jemaah; jangan dilakban ya. Padahal, barang-barang yang ada di dalamnya hanya, misalkan, pakaian jadi diikat dengan lakban gitu ya atau Indomie atau kopi teh kopi gitu ya, tapi dia lakban itu dibuka gara-gara."

Dari pantauan Suara.com di Terminal Gate Hajj Bandara AMAA, ada koper milik jemaah yang akhirnya dibongkar petugas bandara lantaran mencurigai sejumlah barang bawaan terbungkus lakban warna cokelat.

Setelah dibuka, ternyata berisikan bahan makanan instan, rokok, tembakau, kertas papir, kopi dan beberapa jenis makanan. Untuk itu petugas haji mengimbau agar tidak lagi menggunakan lakban berwarna cokelat.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #bisa #bikin #curiga #petugas #bandara #calon #jemaah #haji #jangan #melakban #barang #bawaan #dalam #koper

KOMENTAR