Bus Maut Pengangkut Siswa SMA Lingga Kencana Depok akan Diperiksa secara Fisik
Petugas gabungan mengevakuasi bus Putera Fajar yang mengalami kecelakaan di Ciater, Kabupaten Subang, Sabtu (11/5). (Taofik Achmad Hidayat/Radar Bandung/ Jawa Pos)
08:56
14 Mei 2024

Bus Maut Pengangkut Siswa SMA Lingga Kencana Depok akan Diperiksa secara Fisik

      - Bus Pariwisata pengangkut rombongan siswa SMK Lingga Kencana Depok diduga tidak layak jalan. Hasil pemeriksaan dokumen bus, masa berlaku uji KIR-nya sudah tak berlaku lagi.  

  "Memang secara dokumen KIR itu memang sudah kadaluarsa terakhir berlaku Desember 2023 itu tapi ini dokumen," kata Dirlantas Polda Jawa Barat Kombes Wibowo kepada wartawan, Selasa (14/5).   Petugas selanjutnya akan mengecek kelayakan kendaraan secara fisik. Namun, hal ini harus bekerja sama dengan pihak-pihak yang ahli di bidangnya.   "Secara fisik kita akan minta keterangan dari saksi ATPM Agen Tuk Pemegang Merek. Merek apa situ. Nanti kita minta kemudian dari saksi ahli Dinas Perhubungan maupun BPTB terkait jalannya juga nanti. Ini langkah-langkah ke depan yang kita lakukan ya," jelas Wibowo.   Sebelumnya, kecelakaan lalu lintas kembali terjadi. Kali ini bus Pariwisata kecelakaan di Jalan Raya Kampung Palasari, Desa Palasari Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat.   Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Jules Abraham Abast membenarkan adanya kecelakaan ini. Kini kecelekaan dalam penangan petugas di lapangan.   "Kendaraan yang terlibat Bus Trans Putera Fajar AD 7524 OG," kata Jules kepada wartawan, Sabtu (11/5).   Kecelakaan terjadi akibat bus oleng saat melintas di jalan menurun dan menabrak kendaraan lainnya. "Kendaraan Bus Trans Putera Fajar AD 7524 OG datang dari arah selatan menuju utara pada saat melaju pada jalan yang menurun oleng kekanan menabrak Kendaraan Feroza dari arah berlawanan," kata Jules.   Setelah menabrak, bus kemudian terguling ke bahu jalan. Penyebab kecelakaan masih dalam pendalaman petugas di lapangan.   "(Bus) terguling miring ke kiri. Posisi ban kiri di atas dan terselusur sehingga menabrak tiga kendaraan jenis roda dua yang terparkir di bahu jalan," kata Jules.  

  "Sementara kendaraan bus tersebut terhenti setelah menabrak tiang yang ada dibahu jalan arah Subang menuju Bandung tepat di depan Masjid As Sa'adah," tandasnya. (*)      

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #maut #pengangkut #siswa #lingga #kencana #depok #akan #diperiksa #secara #fisik

KOMENTAR