Anggap Cara Berpolitik di Indonesia Kurang Bagus, Mahfud MD: Setiap Pemilu Bagi-bagi Jabatan
Mahfud MD menilai situasi politik di Indonesia kekinian sedang tidak bagus. (Suara.com/Bagas)
07:32
7 Mei 2024

Anggap Cara Berpolitik di Indonesia Kurang Bagus, Mahfud MD: Setiap Pemilu Bagi-bagi Jabatan

Mahfud MD menilai situasi politik di Indonesia kekinian sedang tidak bagus. Ini dikarenakan setiap Pemilu jabatan politik seperti kursi menteri terus bertambah.

Cawapres pasangan Ganjar Pranowo lalu ini mengaku ingin membenahi hal tersebut sebagai perjuangan usai kalah dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Sekarang, tadi saya katakan, sekarang ini kita berpolitik agak kurang bagus loh. Kalau ada kegiatan politik, lalu bagi-bagi jabatan, jumlah jabatan (yang) tidak penting ditambah dan macam-macam lah," kata Mahfud usai acara pembubaran TPN di Posko Teuku Umar, Menteng, Jakarta, Senin (6/5/2024).

Menurut Mahfud, akibat adanya politik bagi-bagi jabatan setiap Pemilu, maka hanya akan menimbulkan jabatan-jabatan setingkat menteri itu bertambah.

"Nanti setiap ada pemilu jabatan-jabatan setingkat menteri bertambah, itu lima kali pemilu, sudah, negara ini sudah banyak sekali menterinya. Seharusnya tidak sampai ke situ politik itu," ungkapnya.

Seharunya, kata dia, jika ada pihak yang menang dalam kontestasi Pemilu maka harus profesional tidak melakukan bagi-bagi jabatan.

"Yasudah lah, menang, ya menang, lakukan sesuai dengan kembali ke yang profesional," tuturnya.

Untuk itu, Mahfud mengaku akan mengawal hal tersebut melalui bidangnya atau keahliannya dalam persoalan hukum.

"Saya akan mengawal di bidang hukum. Pengadilan tentu saja, karena berhukum itu ada di pembuatan hukum, kerja sehari-hari pemerintahan dan ada di pengadilan. Nah sekarang ini yang harus kita tata semua agar negara ini selamat," pungkasnya.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #anggap #cara #berpolitik #indonesia #kurang #bagus #mahfud #setiap #pemilu #bagi #bagi #jabatan

KOMENTAR