3 Mei Memperingati Hari Surya Sedunia, Memahami Pentingnya Sumber Energi Terbarukan untuk Masa Depan
Hari Surya Sedunia. (Freepik)
17:48
2 Mei 2024

3 Mei Memperingati Hari Surya Sedunia, Memahami Pentingnya Sumber Energi Terbarukan untuk Masa Depan

Hari Surya Sedunia diperingati setiap tanggal 3 Mei setiap tahunnya. Penempatan tanggal ini didasari oleh peran matahari yang begitu besar untuk bumi dan kehidupan manusia. 

Penempatan tanggal ini didasarkan pada peran matahari yang begitu besar bagi bumi dan kehidupan manusia. 

Peringatan ini bertujuan untuk mengingatkan manusia untuk selalu menjaga kelestarian alam dan sekitarnya untuk mengingatkan manusia untuk selalu menjaga kelestarian alam dan sekitarnya. 

Surya atau matahari memang telah menjadi simbol penting di beberapa kebudayaan sepanjang peradaban manusia. Matahari memang memiliki peranan penting dalam kehidupan bermasyarakat serta dikenal dengan nama yang berbeda pada setiap kebudayaan dan seringkali disembah sebagai dewa. 

Peringatan Hari Surya Sedunia ini bermula dari kampanye penggunaan energi yang ramah lingkungan yang pertama kali digagas pada tanggal 22 April 1970 bertepatan dengan hari bumi pertama yang dicetuskan oleh seorang pemerhati lingkungan dan tenaga surya asal Amerika Serikat bernama Denis Hayes. 

Dikutip dari sdgs.bappenas.go.id memaparkan bahwa banyak isu penggunaan energi matahari bagi umat manusia serta kebermanfaatannya dan banyak kalangan yang menerima ide tersebut dan setelah 8 tahun berlangsung, tepatnya pada tanggal 3 Mei 1978, Hari Surya Sedunia pertama kali diperingati. 

Manfaat energi surya bagi manusia dan alam semesta sangat banyak, energi surya membantu mengurangi penggunaan energi fosil yang berbahaya bagi lingkungan, seperti batu bara dan minyak bumi.

Energi surya juga mengurangi biaya listrik dan panas. Matahari memang menjadi salah satu energi terbesar bagi kehidupan manusia di muka bumi, bahkan matahari merupakan tata surya terbesar yang turut dikelilingi oleh banyak planet. 

Seperti yang telah diketahui, bahwa semua kehidupan di bumi ini baik manusia, hewan, dan tumbuhan semuanya membutuhkan sinar matahari sebagai sumber energi. 

Matahari merupakan pusat tata surya hal ini karena matahari menjadi penyatu planet-planet dan benda angkasa lain dalam sistem tata surya yang bergerak atau berotasi di sekitarnya, yang mana keseluruhan sistem dapat berputar di luar angkasa karena ditahan oleh gaya gravitasi Matahari yang sangat besar. 

Cahaya Matahari yang dipancarkan ke bumi menopang kelangsungan organisme di Bumi, menerima energi Matahari dalam jumlah yang sesuai untuk membuat udara tetap berbentuk cair.

Cahaya Matahari dimanfaatkan secara langsung oleh tumbuhan berklorofil untuk melangsungkan fotosintesis, sehingga tumbuhan dapat tumbuh serta menghasilkan oksigen dan berperan sebagai sumber pangan bagi hewan dan manusia.

Makhluk hidup yang telah mati akan diubah menjadi fosil yang menghasilkan minyak Bumi dan batu bara sebagai sumber energi melalui proses alamiah. Hal ini adalah peran dari Matahari secara tidak langsung

Cara Merayakan Hari Surya Sedunia

Pada umumnya, di banyak negara, Hari Surya Sedunia dirayakan berbeda-beda. Seperti di negara-negara tertentu, Hari Surya Sedunia ditetapkan sebagai hari libur. 

Dikutip dari tokohinspiratif.id memaparkan, banyak acara-acara yang diadakan untuk mendorong penggunaan energi terbarukan dan sumber energi surya yang bermanfaat bagi lingkungan. 

Peringatan Hari Surya Sedunia ini bertujuan untuk mengajak warga dunia memahami mengenai pentingnya sumber energi terbarukan, khususnya sumber energi matahari ini. 

Peringatan ini juga hendak menyampaikan pesan mengenai pentingnya peran matahari yang begitu besar untuk kelangsungan kehidupan manusia dan makhluk hidup yang lain.

Mulai dari mengikuti seminar baik secara online maupun offline dan kampanye di media sosial tentang Hari Surya Sedunia. 

Terpenting mulai memanfaatkan energi surya sebagai pengganti energi listrik yang selama ini masih berbasis batu bara. Penutupan panel surya di atap rumah sebagai energi pemanas udara, menjadi salah satu solusi cerdas.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #memperingati #hari #surya #sedunia #memahami #pentingnya #sumber #energi #terbarukan #untuk #masa #depan

KOMENTAR