Beda Alasan Ganjar Pranowo dengan Mahfud MD Tak Hadiri Penetapan Pemenang Pilpres 2024, Ada yang Diundang Tapi Mepet
Capres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD usai mengikuti sidang sengketa pilpres yang digelar di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) Jakarta, Senin (22/4/2024). [Suara.com/Bagaskara]
14:24
24 April 2024

Beda Alasan Ganjar Pranowo dengan Mahfud MD Tak Hadiri Penetapan Pemenang Pilpres 2024, Ada yang Diundang Tapi Mepet

Sosok Ganjar Pranowo dan Mahfud MD menjadi sorotan ketika momen KPU membacakan secara resmi penetapan Prabowo-Gibran sebagai pemenang pilpres 2024, Rabu (24/4/2024).

Diketahui KPU telah menetapkan Prabowo dan Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih berdasar hasil Pilpres 2024.

Hasil Pilpres 2024 itu dituangkan KPU RI dalam Keputusan Nomor 504 Tahun 2024 Tentang Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih dalam Pemilu 2024.

"KPU menetapkan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih periode tahun 2024-2029 dalam Pemilihan Umum 2024 dengan perolehan suara sebanyak 96.214.691 suara atau 58,59 persen dari total suara sah nasional dan memenuhi sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi yang tersebar di 38 provinsi," jelas Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di kantor KPU RI.

Momen penetapan Prabowo-Gibran tersebut selain dihadiri oleh partai koalisi, juga turut dihadiri paslon 01 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar beserta partai pendukungnya.

Sementara sosok Ganjar Pranowo dan Mahfud MD tak tampak di deretan tamu yang hadir siang itu.

Ketika dikonfirmasi di kediamannya di Sleman, Ganjar Pranowo mengaku tak hadir ke acara penetapan tersebut karena tak mendapat undangan.

"Enggak itu, enggak enggak (gak diundang). Sampai hari ini sampai dengan tadi malam orang banyak bertanya kepada saya pak ganjar dateng gak, aku malah ora entuk undangan e (aku malah enggak dapat undangannya)," kata Ganjar ditemui di kediamannya di Sleman, Rabu pagi.

Saat ditemui pun Ganjar terlihat santai. Ia dan sang istri memilih menjalani rabu pagi kali ini dengan bersepeda di sekitar kediamannya.

Ketika ditanya terkait cawapresnya Mahfud MD apakah akan hadir dalam penetapan nanti, Ganjar mengaku ragu.

"Gak yakin saya (Mahfud datang penetapan), wong tidak diundang," ucapnya.

Berbeda dengan Ganjar, Mahfud MD mengaku sempat mendapat undangan hanya saja waktunya mepet hingga ia tak bisa hadir.

"Saya menyesal tidak bisa hadir saya tidak tahu kalau ada undangan, baru tahu setengah jam sebelum acara dimulai ada pemberitahuan lewat telepon, ini bapak ke KPU ndak, terus diberi tahu ada acara penetapan, karena waktu tidak ngejar saya tak bisa datang," jelasnya seperti dikutip dari unggahan di akun Instagramnya, Rabu (24/4/2024).

"Tapi tanpa mengurangi rasa hormat saya. Saya ucapkan selamat untuk Pak Prabowo dan Gibran sebagai presiden dan wakil presiden 2024-2029. Selamat bertugas," imbuhnya.

Lebih lanjut, Mahfud MD mengungkapkan mengenai ketidaktahuannya akan adanya agenda penetapan pemenang Pemilu 2024 pada hari ini.

Ia mengaku selain tak lagi memantau info terkait hal itu juga sudah disibukkan dengan agenda lain bersama dengan relasinya yang selama ini sempat ditutup saat ia maju dalam gelaran Pilpres 2024.

"Saya tidak tahu agenda seperti karena info kami kurang begitu aktif dan saya sudah mulai banyak kegiatan sejak vonis MK saya mulai membuka komunikasi lagi dengan teman-teman yang selama ini ditutup agar tak ada tendensi selama saya ikuti pilpres," katanya.

Editor: Galih Priatmojo

Tag:  #beda #alasan #ganjar #pranowo #dengan #mahfud #hadiri #penetapan #pemenang #pilpres #2024 #yang #diundang #tapi #mepet

KOMENTAR