Serba-Serbi Pemindahan ASN ke IKN Mulai September 2024, Ini Rusun, Fasilitas hingga Skemanya
Ilustrasi ASN. [kaltimtoday.co] - Serba-Serbi Pemindahan ASN ke IKN Mulai September 2024, Ini Rusun, Fasilitas hingga Skemanya
12:44
19 April 2024

Serba-Serbi Pemindahan ASN ke IKN Mulai September 2024, Ini Rusun, Fasilitas hingga Skemanya

Menteri Penataan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Abdullah Azwar Anas menyatakan bahwa relokasi Aparatur Sipil Negara(ASN) ke Ibu Kota Negara (IKN) akan dilaksanakan secara bertahap. Anas menjelaskan rencana relokasi tersebut dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu prioritas fase satu, dua, dan tiga.

Kira-kira, seperti apa mekanisme pemindahan ASN ke IKN? Simak terus ulasan di bawah ini sampai akhir, ya. 

Jumlah ASN yang Akan Dipindah ke IKN

Untuk diketahui, jumlah ASN dalam prioritas pertama yang akan direlokasi adalah 11.916 individu, dalam prioritas kedua 6.774 individu, dan dalam prioritas ketiga 14.237 individu. Selanjutnya, pada fase satu dari prioritas pertama hanya ada 6.000 ASN yang akan dipindahkan.

Ini disebabkan oleh ketersediaan apartemen yang hanya mencukupi untuk 6.000 unit, sedangkan unit-unit lainnya masih kurang memadai.

Rencana Pemindahan ASN ke IKN

Presiden Jokowi bersiap pindah kantor ke Ibu Kota Negara (IKN) pada pertengahan tahun ini. (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)Presiden Jokowi bersiap pindah kantor ke Ibu Kota Negara (IKN) pada pertengahan tahun ini. (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Aparatur Sipil Negara(ASN) akan dimulai dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada September 2024. Sebelumnya, relokasi ASN ke ibu kota baru tersebut direncanakan dilakukan pada bulan Juli 2024.

Menteri Pelayanan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas menjelaskan, ini disebabkan karena pada 17 Agustus 2024 masih akan dilangsungkan Upacara Peringatan Kemerdekaan RI.

"Awalnya, memang sudah siap untuk bulan Juli, tetapi karena bulan Agustus akan ada upacara, Pak Mensesneg (Pratikno) kemudian berdiskusi dengan kami. Kami memutuskan untuk memindahkannya ke bulan September," kata Anas dalam jumpa pers di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

Menurut Anas, penjadwalan pemindahan ASN tersebut tidak tertunda, melainkan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan.

Skema Pemindahan ASN ke IKN

Untuk fase awal, terdapat 38 lembaga pemerintah yang akan beralih terlebih dahulu.

"Prioritas pertama terdiri dari 179 unit eselon 1 di 38 lembaga pemerintah. Jadi, saat ini, sudah ada 38 lembaga pemerintah yang langsung beralih. Konsepnya tidak sama seperti sebelumnya, yang hanya melibatkan 10 lembaga pemerintah," ujar Anas dalam konferensi pers di Ruang Pers Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta Pusat, Rabu (17/4).

Dia juga menyebutkan bahwa jumlah pegawai negeri yang seharusnya beralih pada tahap awal adalah 11.916 orang. Namun, jumlah pasti yang akan beralih akan disesuaikan dengan ketersediaan tempat tinggal dan infrastruktur di Kawasan Ibu Kota Negara (IKN).

Sementara untuk tahap berikutnya, ada ASN dan 29 lembaga pemerintah yang direncanakan untuk pindah ke IKN dengan jumlah ASN sebanyak 6.774.

Kemudian, pada tahap ketiga, jumlah ASN yang akan beralih mencapai 14.237 dari 59 lembaga pemerintah.

"Prioritas satu, dua, dan tiga disesuaikan dengan kesiapan tempat tinggal dan fungsi minimal pemerintahan. Namun, kami telah memastikan bahwa Jakarta tetap menjadi pusat bisnis dan pemerintahan tetap berjalan, sementara pusat bisnis akan tetap beroperasi," jelasnya.

Fasilitas di IKN

Ilustrasi rusun ASN di IKN. [Ist]Ilustrasi rusun ASN di IKN. [Ist]

Dikutip dari beberapa sumber, rencananya pegawai ASN yang bertugas akan menempati 47 menara di IKN. Diperkirakan pada bulan Juli 2024 akan dibangun 8 menara dengan 480 unit di dalamnya.

"Pada tahun 2024, kita tetap konsisten dengan Menteri PUPR (Basuki Hadimuljono), targetnya 47 menara. Setiap menara akan dihuni oleh sekitar 60 unit. Setiap unit memiliki luas sekitar 98 meter persegi," ujar Anas.

Anas menegaskan, apartemen yang tersedia di IKN memiliki luas yang mencukupi, mencapai 98 meter persegi sehingga para ASN diharapkan dapat tinggal dan hidup di sana dengan nyaman.

"Jadi mereka yang pindah pada tahun pertama ini akan mendapatkan fasilitas yang menurut teman-teman, pertama kali, menara tersebut baik dan luas. Bayangkan, 98 meter persegi," tambahnya.

Sementara itu, pegawai ASN akan tinggal di rumah susun (rusun) yang saat ini masih dalam tahap pembangunan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa 9 menara rusun ASN di IKN sudah mencapai penutup atap.

"9 penutup atap sebelum Lebaran," ucap Basuki saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (16/4/2024).

Demikian informasi serba-serbi pemindahan ASN ke IKN yang dimulai pada bulan September 2024.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #serba #serbi #pemindahan #mulai #september #2024 #rusun #fasilitas #hingga #skemanya

KOMENTAR