Janji Anies Bangun Lapangan Sepakbola Berstandar FIFA di Kampung-Kampung Provinsi Maluku
Capres nomor urut satu, Anies Baswedan, menghadiri acara Rembug Petani bersama Gaptokan Lampung Timur di Lapangan Sidorejo, Minggu (14/1/2024).(DOK. Timnas Anies-Muhaimin)
12:16
15 Januari 2024

Janji Anies Bangun Lapangan Sepakbola Berstandar FIFA di Kampung-Kampung Provinsi Maluku

- Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan berencana membangun lapangan sepakbola dengan rumput berstandar FIFA di kampung-kampung di Provinsi Maluku.

Hal itu disampaikan Anies dalam kampanye dialog bertajuk "Desak Anies" di Maluku, Senin (15/1/2024) yang ditayangkan Kompas TV secara langsung.

Anies mengatakan, kultur sepakbola di Maluku sangat baik dan menjadi salah satu alat pemersatu seperti yang ada dalam cerita film Cahaya Dari Timur.

Sebab itu, dia ingin agar setiap kampung bisa memiliki lapangan yang berstandar FIFA, khususnya dari segi rumput.

"Kami ingin agar sepak bola ini tumbuh, jadi apa yang kami lakukan? Kami akan membangun lapangan-lapangan sepakbola di kampung-kampung yang berstandar FIFA," ujarnya.

"Rumputnya berstandar FIFA, jangan diganti-ganti nanti rumput nya ya, tolong jangan diganti-ganti karena ganti-ganti bikin repot nantinya," sambung Anies.

Lapangan ini nantinya memiliki tribun penonton dan Anies berjanji tidak akan memungut biaya untuk penggunaan lapangannya.

"Ini lapangan sepak bola rakyat rumputnya standar FIFA dengan ada tribun penonton dan ini gratis digunakan oleh rakyat," tutur dia.

Menurut Anies, janji ini bisa cepat terealisasi karena sudah ada contoh lapangan berstandar FIFA di setiap kota administrasi di Jakarta yang telah dibangun.

Lapangan yang tersebar di Jakarta Timur, Barat, Selatan dan Utara itu sudah diresmikan dan sudah diberikan tulisan besar tidak perlu ada biaya penggunaan lapangan.

"Saya sampaikan waktu itu kepada semua, kenapa kami ingin bangun lapangan tersebut, begitu banyak anak-anak potensial bermain sepakbola tapi mereka dari keluarga yang kurang mampu," imbuh Anies.

"Akibatnya apa, akibatnya apa, mereka tidak pernah merasakan fasilitas yang bertaraf internasional. Kami bangun itu di tengah perkampungan dan kami berikan tulisan amat besar, bahwa lapangan ini tidak untuk dikomersialkan, lapangan ini untuk dipakai oleh rakyat kebanyakan, yang daftar duluan dapat," sambung Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan, dengan adanya lapangan gratis, setiap anak dari kalangan tidak mampu bisa merasakan bermain di lapangan yang rumputnya setara dengan stadion internasional di seluruh Indonesia.

"Apa yang bisa kami harapkan? Insya Allah jadi inspirasi, hari ini kami bermain di lapangan kelas FIFA insya Allah nanti jadi pemain internasional yang bisa membawa nama baik Indonesia," tandasnya.

Editor: Singgih Wiryono

Tag:  #janji #anies #bangun #lapangan #sepakbola #berstandar #fifa #kampung #kampung #provinsi #maluku

KOMENTAR